Gubernur Bali, Wayan Koster mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Muslim, Jumat (24/4). (BP/rin)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pemerintah Provinsi Bali bersama Majelis-Majelis Agama mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa dan Ramadan 1441 Hijriyah kepada seluruh umat Muslim dimanapun berada. Ucapan ini disampaikan langsung oleh Gubernur Bali Wayan Koster di Jayasabha, Denpasar, Jumat (24/4).

Seluruh umat Muslim, khususnya dan masyarakat Bali diajak untuk bersama-sama menyambut kedatangan bulan Ramadan yang penuh rahmat dan mulia ini. “Mari Kita jadikan bulan suci ini sebagai upaya meningkatkan kualitas diri secara rohaniah sebagai wujud pelaksanaan nilai-nilai keagamaan sebagaimana diajarkan dalam Kitab Suci Alqur’an,” ujarnya.

Secara khusus, Koster berpesan kepada umat Muslim agar melaksanakan Puasa dan Ramadan ini dengan penuh ketulusan dan kebaikan yang ada di dalam diri masing-masing. Hal ini guna meningkatkan ketaqwaan dan keimanan di jalan yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga ibadah Puasa berjalan dengan penuh berkah sampai hari kemenangan, Idul Fitri, tiba.

Baca juga:  Jelang Pilkel Serentak, Kapolsek Gianyar Gelar Patroli Kamtibmas

Ibadah Puasa ini hendaknya dijadikan sebagai momentum bagi Umat Muslim dalam meningkatkan kualitas kerohanian dan spiritualitas guna mengembangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kepada umat beragama lain di Bali, marilah Kita menunjukkan toleransi yang tinggi dengan menghormati dan menghargai saudara-saudara Kita Umat Muslim sebagai sesama Sameton Bali sehingga terwujud suasana kehidupan secara harmonis di Bali,” imbuhnya.

Baca juga:  Polisi Sita Ratusan Kembang Api dan Unggas Selundupan

Koster berharap umat Muslim bersama umat beragama lainnya di Bali memiliki kekuatan solidaritas, kohesi sosial, parasparos – gilik saguluk, menyama braya, bergotong- royong, selalu bersama-sama nindihin gumi Bali. Hal ini sangat diperlukan dalam membangun Bali sesuai Visi Pembangunan Daerah Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. Sehingga pada saat yang tepat, sesuai kehendak dan siklus alam, akan benar-benar hadir Bali Era Baru, suatu era yang ditunggu bersama-sama.

“Selanjutnya melalui kesempatan ini, saya menyampaikan kepada Umat Muslim dalam melaksanakan Ibadah Puasa ini agar tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19 dengan tertib dan disiplin,” jelasnya.

Baca juga:  Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan

Protokol yang dimaksud, lanjut Koster, yaitu bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah, serta membatasi aktivitas dan interaksi dengan banyak orang. Dengan tetap menjaga kesehatan, mengkonsumsi makanan yang berkualitas pada saat Sahur dan Berbuka Puasa, sehingga memiliki kekebalan (imun) tubuh dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Demikian ucapan, pesan, dan harapan yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dengan setulus-tulusnya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” tandasnya. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *