Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mual merupakan gangguan saluran pencernaan yang sering dirasakan oleh penderita maag. Cara mengatasinya bisa dilakukan dengan beragam cara. Berikut sejumlah tips praktis untuk diterapkan jika mual karena maag mendera, dikutip dari klikdokter.com :

1. Konsumsi obat mual
Pengobatan adalah salah satu strategi yang paling efektif untuk menangani keluhan mual akut. Bila Anda sering mengalami mual, konsultasikan dengan dokter untuk menentukan obat apa yang sesuai.

Baca juga:  Konsumsi Makanan Pedas Berlebih Bisa Picu Sejumlah Penyakit Ini

2. Asupan cairan yang cukup
Mengonsumsi cairan dapat menjaga status rehidrasi Anda saat mengalami mual dan muntah. Pastikan mengonsumsi cairan setidaknya 30 menit sebelum atau sesudah makan, dan tidak bersamaan dengan makanan.

3. Makanan dengan kandungan pati
Makanan dengan kandungan pati seperti sereal kering, roti, atau nasi dalam jumlah kecil dapat membantu mengurangi keluhan mual pada sebagian orang.

4. Porsi kecil dan frekuensi lebih sering
Mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat memperburuk gejala mual. Maka dari itu, konsumsi makanan dalam porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering agar Anda tidak merasa terlalu lapar atau terlalu kenyang sepanjang hari.

Baca juga:  Ingin Sembuhkan Maag, Justru Terseret Arus Pantai Klotok

5. Tambah makanan bergizi
Tingkatkan asupan makanan seperti yogurt, puding, dan buah-buahan dalam porsi kecil. Ini adalah pilihan camilan yang tepat untuk mengurangi rasa mual akibat produksi asam lambung yang tinggi.

6. Mengonsumsi jahe
Jahe terbukti memiliki komponen yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan tubuh dan meredakan keluhan mual. Anda tak harus mengonsumsinya langsung, tapi bisa dengan menggabungkannya pada hidangan sehari-hari.

Baca juga:  Ini, Lima Penyebab Kambuhnya Maag

7. Hindari makanan pedas
Makanan yang pedas dapat meningkatkan produksi asam lambung yang akan memperburuk gejala mual yang dialami. Begitu juga dengan makanan asam dan yang digoreng. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *