Sejumlah orang sedang berolahraga. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menumbuhkan pola hidup sehat sedini mungkin akan bermanfaat untuk diri sendiri di masa depan karena dapat mengurangi risiko penyakit. Untuk menumbuhkan pola hidup sehat, ada sepuluh tips yang bisa kamu ikuti.

Yuk simak tipsnya dan praktikkan, mumpung ini sudah tahun baru. Tak ada salahnya kamu memulai membenahi pola hidupmu.

1. Tidur yang Cukup

Umumnya, manusia membutuhkan waktu tidur tergantung pada usia. Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang relative lebih lama, sementara orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam per hari. Selain tidur yang cukup, hindarilah begadang dan bangunlah lebih pagi agar tubuh terasa segar menjalani hari.

2. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Makanan dengan gizi yang seimbang adalah makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Setiap orang perlu memenuhi kebutuhan gizinya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga:  Lanud Ngurah Rai Gelar Sosialisasi Pola Hidup Sehat

3. Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh karena dapat menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang, dan menjaga berat badan. Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang sulit dan berat, cukup melakukan jogging, bersepeda, yoga, atau senam secara teratur.

4. Hindari Rokok dan Alkohol

rokok dan alkohol merupakan dua jenis bahan yang menyebabkan pemakainya kecanduan. Padahal, keduanya memberikan dampak yang berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat menyebabkan kematian. Kombinasi alkohol dan rokok dapat meningkatkan risiko penyakit kanker esofagus dan kerongkong.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Baca juga:  Edukasi Pola Hidup Sehat, BPJS Kesehatan Sambangi Sembilan Perguruan Tinggi

Air memiliki manfaat untuk membentuk sel dan cairan tubuh, serta berguna untuk pengaturan suhu tubuh. Kekurangan cairan dalam tubuh akan menimbulkan beberapa penyakit, seperti dehidrasi kronik, mengakibatkan penyakit gagal ginjal, kencing manis, hingga hipertensi.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Instan

Makanan instan biasanya tidak memiliki banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh, melainkan mengandung bahan pengawet dan bahan-bahan lain yang berbahaya untuk tubuh.

7. Perhatikan Asupan Gula, Garam, dan Lemak

Asupan gula, garam, dan lemak pun harus diperhatikan. Asupan gula, garam, dan lemak yang berlebihan dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit, seperto kardiovaskular, diabetes, kanker, dan penyakit ginjal.

8. Konsumsi Vitamin

Vitamin merupakan unsur penting dari makanan yang mempengaruhi sistem imun. Mengonsumsi vitamin memiliki beberapa manfaat, seperti melepaskan energi, menghasilkan energi, membangun protein dan sel, serta membuat kolagen.

Baca juga:  18.818 Peserta JKN-KIS Semarakkan Senam Sehat Kolosal

9. Dapatkan Paparan Sinar Matahari

Jika kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan seharian di dalam ruangan, sebaiknya kamu pergi keluar sebentar di pagi hari untuk mendapatkan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari bermanfaat untuk meningkatkan produksi vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan otak.

10. Rutin Cek Kesehatan

Satu hal yang tidak kalah pentingnya yaitu rutin mengecek kesehatan ke dokter. Kamu bisa melakukan beberapa pemeriksaan fisik ringan atau melakukan medical check up setahun sekali.

Itu tadi tips menumbuhkan pola hidup sehat. Menumbuhkan pola hidup sehat tidak hanya bermanfaat untuk dirimu sendiri, tapi juga untuk orang-orang di sekitar kamu.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *