Ilustrasi mengonsumsi makanan sehat. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Makanan dengan gizi yang cukup merupakan salah satu elemen penting untuk menjaga kesehatan. Secara umum makanan sehat ditandai dengan tidak adanya bahan pengawet, pewarna hingga penambah rasa serta makanan yang diolah dengan tepat.

Berikut 5 tips memilih makanan sehat, dilansir dari berbagai sumber :

1. Perhatikan kandungan gizi produk makanan

Saat membeli produk makanan kemasan wajib membaca informasi nutrisi yang tertera. Jika dalam kemasan tidak ada label nutrisi maka bisa dicari lewat intenet. Memahami informasi gizi makanan kemasan sangat penting untuk memastikan asupan makanan yang dimakan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Baca juga:  Vaksinasi Tinggi, Tetap Disiplin Pakai Masker

2. Konsumsi makanan yang bervariasi

Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang bervariasi, tubuh akan menerima dan mencerna gizi dengan lebih baik. Selain itu dengan beragam variasi menu bisa membuat kita tidak bosan dalam mengkonsumsinya setiap hari.

Perlu diingat juga untuk membatasi mengkonsumsi makanan yang digoreng karena bisa memicu penyakit kolestrol yang berujung pada obesitas.

3. Selektif dalam memilih jajanan

Dikutip dari www.fimela.com, dalam memilih jajanan kita harus cermat dan menghilangkan kebiasaan memilih jajanan yang kurang sehat. Hindari jajanan yang mengandung kafein dan soda seperti kopi dan minuman bersoda. Sebagai gantinya bisa mengonsumsi jus, buah-buahan segar, salad, pudding buah dan sejenisnya sebagai pengganti camilan yang kurang sehat.

Baca juga:  Belum Optimal, Presiden Instruksikan Percepatan Serapan Stimulus Penanganan COVID-19

4. Konsumsi makanan berserat

Serat merupakan salah satu kandungan gizi yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Serat berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan yang telah dikonsumsi. Kurangnya konsumsi serat dapat menimbulkan sembelit dan gangguan pencernaan.
Serat dapat ditemukan pada beragam jenis sayuran, terutama sayuran hijau dan buah-buahan.

5. Berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan instant dan cepat saji

Makanan cepat saji memang terlihat lebih enak dari pada makanan sehat yang diolah sendiri. Namun dalam mengkonsumsi makanan instant perlu berhati-hati dan juga diimbangi dengan mengkonsumsi makanan segar dan kaya akan protein.

Baca juga:  Sering Nyeri Sendi? Hati-hati Penyakit Asam Urat

Perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi makanan instant sesering mungkin karena dapat membahayakan kesehatan. Jika ingin mengkonsumsinya maka konsumsilah pada waktu-waktu tertentu saja.

Demikian sejumlah tips yang bisa kalian ikuti saat memilih makanan. Selamat mencoba! (Apsari/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *