SEMARANG, BALIPOST.com – Bantuan Sosial Tunai (BST) warga Kota Semarang yang terdampak COVID-19 mulai disalurkan. Penyaluran salah satunya dilakukan melalui Kantor Pos Semarang sekitar 47.129 keluarga penerima manfaat (KPM) mendapat bantuan sebesar Rp 600 ribu selama 3 bulan.

Kantor Pos Kota Semarang mulai menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial untuk warga terdampak COVID-19. Sebanyak 47.129 data KPM yang sebesar Rp 600 ribu selama tiga bulan.

Kepala Kantor Pos Semarang, Mujiyono mengatakan pencairan bantuan di tahap pertama ini sudah dilakukan sejak 8 Mei ditargetkan rampung di 20 Mei 2020. Untuk mekanisme pencairan BST di PT Pos Indonesia Kota Semarang dilakukan dengan tiga cara, dengan sistem door to door atau mendatangi langsung ke rumah warga penerima bantuan atau melalui Kantor Pos Semarang dan Kantor Kelurahan maupun Kecamatan dengan membawa bukti surat undangan dan kartu keluarga.

Baca juga:  Terimbas COVID-19, Permintaan Industri Perhotelan untuk Hortikultura Tinggal Segini

Ditambahkan Mujiyono, pola pencairan BST dilakukan dengan realtime, yakni dengan menggunakan aplikasi yang trasnparan. Penerima harus menunjukkan KTP dan difoto oleh petugas yang akan langsung diterima oleh pemerintah pusat, sehingga penerima benar-benar sesuai data.

Salah satu warga penerima bantuan, Kusmiati, menyambut baik adanya BST ini. Warga Kemijen ini mengaku terbantu dengan adanya BST ini. Pasalnya, selama pandemi corona, dirinya yang bekerja sebagai juru masak di salah satu rumah makan harus terkena dampaknya.

Selain melalui kantor pos, penyaluran BST juga dilakukan melalui perbankan, salah satunya Bank BTN sebanyak 116 KPM, BRI 3.197 KPM, Mandiri 866 KPM, dan BNI 1.397 KPM. Dengan data keseluruhan penerima bantuan Kemensos di Kota Semarang sebanyak 52.705 KPM. (Valentania/Semarang TV)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.