Rombongan turis asing pertama tiba di Bandara Suvarnabhumi pada hari pertama kampanye pembukaan kembali negara tersebut di Bangkok, Thailand, Senin (1/11/2021). (BP/Antara)

BANGKOK, BALIPOST.com – Thailand pada Kamis (6/1) menaikkan level status COVID-19. Ini, menyusul lonjakan infeksi yang dipicu penyebaran varian Omicron, kata pejabat kementerian kesehatan.

Perubahan dari level 3 ke level 4 memungkinkan langkah pencegahan yang lain bisa diterapkan. Seperti menutup daerah berisiko tinggi dan menerapkan pembatasan perjalanan domestik atau kerumunan publik.

“Thailand memasuki gelombang baru infeksi, di mana kasus baru akan bertambah drastis,” kata sekretaris tetap kementerian kesehatan, Kiattiphum Wongrajit, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Sejumlah Pantai di Thailand Dibuka Kembali

Ia mengatakan level empat artinya kemungkinan menutup tempat-tempat berisiko dan mengumumkan sejumlah langkah lainnya. Kebijakan itu diambil di tengah peningkatan kasus harian COVID-19 sejak awal tahun baru.

Pada Kamis, otoritas mencatat 5.775 kasus baru. Jumlah itu naik 48 persen pada hari sebelumnya dan hampir dua kali lipat dari yang dilaporkan pada 1 Januari.

Negara Asia Tenggara itu sudah memvaksinasi lengkap sekitar 69,1 persen dari perkiraan 72 juta penduduk. Namun, baru 10,9 persen populasi yang mendapatkan vaksin booster. (kmb/balipost)

Baca juga:  Dua Wilayah di Bali Catat Kasus Baru, Pasien COVID-19 Sembuh Bertambah Belasan Orang
BAGIKAN