Bupati Suwirta memantau distribusi BST untuk warga Klungkung. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bantuan yang ditunggu-tunggu warga terdampak COVID-19, akhirnya cair juga. Ribuan KK yang sudah tercantum data penerima BST (Bantuan Sosial Tunai) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial mulai menerima bantuan, di Kantor Pos, Jalan Gajah Mada Semarapura, Rabu (13/5). Mereka masing-masing menerima sebanyak Rp 1,8 juta untuk tiga bulan (April, Mei dan Juni).

Plt. Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung, Wayan Sumarta, mengatakan total masyarakat Klungkung yang akan menerima bantuan ini sebanyak 8.186 KK. Terdiri dari di Kecamatan Klungkung dengan 2.375 KK, Kecamatan Dawan 1.401 KK, Kecamatan Banjarangkan 1.583 KK dan Kecamatan Nusa Penida 2.811 KK.

“Kalau dari Kementrian Sosial, program sembako dan program BST. Ada juga program PKH (Program Keluarga Harapan). BST ini dibagikan secara serentak di seluruh kecamatan,” kata Sumarta, yang juga menjabat Asisten III Pemkab Klungkung ini.

Dia mengakui, banyaknya jenis bantuan yang akan turun ke masyarakat, memerlukan validitas data. Sejauh ini dia mengatakan khusus dari Dinsos, tetap mengacu pada DTKS yang selalu diupdate setiap tiga bulan. Validitas dilakukan untuk memastikan siapa yang berhak dan tidak berhak menerima bantuan. Tentu dasar datanya juga dari bawah/desa. Setelah valid, baru dirumuskan penerima masing-masing jenis bantuan. Karena penerimanya tidak boleh tumpang tindih.

Baca juga:  2019, Pusat Alokasikan Anggaran Kelurahan

“Selain validitas data, disini juga dibutuhkan kesadaran masyarakat. Karena terkadang human error juga kerap terjadi,” tegasnya.

Para penerima tampak tertib mengantri di tempat yang telah ditentukan, dengan tetap melaksanakan protokol keselamatan. Satu per satu penerima dipanggil petugas untuk melengkapi data sebelum akhirnya menerima bantuan secara tunai sebesar Rp 1,8 juta untuk selama tiga bulan.

Realisasi bantuan ini harus dipisahkan dengan data penerima yang lain. Kalau BLT DD (Dana Desa), itu realisasinya dari Kementrian Desa. Nanti juga akan ada BLT Kabupaten maupun BLT dari Provinsi Bali. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memantau langsung pembagian BST di Kantor Pos, Jalan Gajahmada Semarapura.

Ia ingin memastikan bantuan dari Kementerian Sosial ini benar-benar tepat sasaran. Ia juga mengimbau para penerima supaya mempergunakan bantuan dengan sebaik mungkin selama menghadapi wabah COVID-19.

Bupati Suwirta mengatakan mengenai BLT dari Dana Desa dan BLT Kabupaten, juga akan segera dibagikan. Pihaknya mengingatkan jika ada warga yang merasa layak/berhak mendapatkan bantuan namun tidak terdata, supaya segera melapor ke Kantor Desa masing-masing. Jangan malah memposting keluhannya ke sosial media yang hanya akan memperkeruh suasana di tengah pandemi COVID-19. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.