Pengecekan kelengkapan peralatan di RS PTN Unud. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – RS PTN Unud telah menyiapkan 62 bed untuk penanganan pasien COVID-19. Namun kini, RS yang berlokasi di Jimbaran itu akan menambah lagi 35 bed, sehingga total sebanyak 97 bed disiapkan untuk menangani pasien COVID-19.

“Untuk meningkatkan kapasitas perawatan pasien COVID-19. sebelumnya ada 62 bed. Target tersedia 97 bed. Mudah-mudahan Sabtu-Minggu depan sudah clear semua,” kata Direktur RS PTN Unud Dr. dr. Dewa Putu Gde Purwa Samatra, Sp.S(K)., saat dikonfirmasi, Rabu (22/4).

Selain memaksimalkan jumlah bed, pihaknya juga akan menambah jumlah perawat. Saat ini sudah ada 60 perawat siap. Tenaga perawat ini difasilitasi Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Jumlah tersebut dinilai masih kurang lantaran pasien terus bertambah.

Untuk itu, pihaknya sudah mengajukan lagi ke Dinas Kesehatan untuk penambahan 40 tenaga perawat, sehingga totalnya nanti ada 100 tenaga perawat. “Kami masih kurang 40 perawat. Sudah diajukan ke dinas,” ucapnya.

Baca juga:  Cegah dan Tangani COVID-19, Gubernur Instruksikan Data Naker Migran dan Krama di Desa Adat

Dalam rangka penanganan pasien COVID-19, RS PTN Unud juga masih membutuhkan sejumlah tenaga teknis lainnya di luar perawat dan dokter. Tenaga teknis dimaksud di antaranya radiografer, laboran, pramusaji, Central Sterile Supply Department (CSSD) dan tenaga laundry. “Untuk tenaga laundry kita sangat perlu, karena pakaian tenaga medis yang selesai dipakai agar bisa dicuci langsung di sini,” terangnya.

Sementara, untuk tenaga dokter, baik itu dokter sudah mendapat dukungan penuh dari Fakultas Kedokteran Unud. Tidak hanya dari dokter spesialis, namun non spesialis maupun residen juga diturunkan. “Untuk tenaga dokter kita tidak kekurangan. Kita di-support penuh dari FK Unud,” ujarnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.