Naker migran menjalani screening COVID-19 di Bandara Ngurah Rai. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebanyak puluhan tenaga kerja (naker) migran asal Bali yang pulang dari Miami, Amerika Serikat (AS), tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Senin (13/4) malam. Mereka tidak langsung pulang dari AS melainkan lewat Jakarta dan Surabaya.

Menurut Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Bali, Elfi Amir, Selasa (14/4), puluhan naker migran ini datang dengan dua pesawat berbeda. Yang datang lewat Jakarta menggunakan pesawat Batik Air berjumlah 55 orang. Mereka tiba pukul 19.36 WITA. “Pesawat mengangkut 98 orang, 55 diantaranya adalah PMI,” katanya.

Sementara untuk 2 orang naker migran sisanya, datang menggunakan pesawat Citilink dengan rute Surabaya-Denpasar. Mereka tiba sekitar pukul 19.32 WITA. “Untuk yang Citilink mengangkut 36 penumpang, dua diantaranya PMI dari Miami, AS,” sebutnya.

Baca juga:  Karena Alasan Ini, Desa Keramas Terima Villa di Wilayahnya Jadi Lokasi Karantina

Ia menjelaskan di terminal kedatangan domestik, seluruh penumpang melalui proses pemeriksaan pengisian Form Health Alert Card (HAC). Kemudian, mereka harus membawa Form HAC yang akan diperiksa oleh petugas KKP.

Selanjutnya, mereka melakukan pemeriksaan suhu dengan Thermo Gun. “Apabila suhu normal maka penumpang dapat lanjut untuk mengambil bagasi namun apabila ditemukan suhu di atas 38° maka akan dibawa oleh KKP ke Terminal Internasional untuk dilakukan Rapid Test,” paparnya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan hasil monitoring di atas, keseluruhan penumpang yang datang dengan penerbangan tersebut, suhu tubuhnya normal. Sedangkan terhadap 57 PMI dilaksanakan rapid test di Terminal Kedatangan Internasional. (Pramana Wijaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.