Anggota DPD RI Anak Agung Gde Agung (tengah). (BP/par)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kegiatan umrah karena dampak isu virus Corona. Berdasarkan data, jumlah jamaah haji tahun 2020 mencapai 698 orang dengan waktu tunggu 22 tahun, sedangkan antrean atau pendaftar 16.499 jamaah per Februari ini.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bali H. Kusnul Hadi sangat mengharapkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini tidak dibatalkan. “Haji ini kan satu tahun hanya sekali, tentu harapan kami tidak dibatalkan,” ujarnya, Senin (9/3).

Menurutnya, pihaknya tetap on the track untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk dalam hal pengurusan parpor, data jamaah haji dan visa masuk terus dilakukan. “Untuk pengurusan visa sekarang bisa di Kanwil, tidak lagi di Kedutaan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan anggota DPD RI Anak Agung Gde Agung. Panglingsir Puri Ageng Mengwi ini berharap pelaksanaan haji tahun ini tidak dibatalkan. “Juni ini kan sudah masuk bulan haji, harapan saya dan mudah-mudahan Tuhan mengabulkan. Semoga April nanti virus Corona selesai,” katanya. (Parwata/balipost)