Bupati Klungkung Nyoman Suwirta saat bertemu Dirjen Perhubungan Darat di Jakarta. (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung Nyoman Suwirta memanfaatkan kunjungannya ke pemerintah pusat untuk masuk ke sejumlah kementerian. Setelah menyelesaikan FGD tentang pembangunan Air Baku Air Minum Nusa Penida, ia lanjut menemui Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Gedung Karsa Kantor Kementerian Perhubungan RI, Jakarta, Rabu (4/3).

Suwirta menyampaikan, kunjungannya ke Kementerian Perhubungan Darat guna memastikan rencana pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas tetap berjalan. Menurutnya, pembangunan sarana paling vital untuk meningkatkan mobilitas penyeberangan warga itu tidak terganggu oleh wabah virus Corona.

Didampingi Kepala Baperlitbangda Wayan Wasta dan Kabid Perencanaan Nyoman Sidang, Budi Setiyadi mengatakan proses pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas akan berjalan sesuai rencana awal. “Jangan khawatir, seluruh rencana pembangunan sudah dalam proses,” tegasnya.

Baca juga:  Puluhan Warga di Desa Kutuh Belum Nikmati Listrik

Sebagai tindak lanjut, proses lelang segera dilakukan, khususnya untuk Pelabuhan Sampalan di Kepulauan Nusa Gede dan Bias Munjul di Ceningan. Sementara satu pelabuhan lagi di Pelabuhan Kusamba, proses kajiannya diteruskan dengan pembuatan DED dan diajukan lewat surat ke Kementerian Perhubungan.

Terkait program kendaraan listrik Kepulauan Nusa Penida, pihaknya akan menjadikan program ini sebagai percontohan pulau dengan kendaraan bebas BBM. Pihak kementerian akan mengundang produsen mobil listrik guna mematangkan rencana ini sekaligus menawarkan produknya di Klungkung. (Bagiarta/balipost)