Ilustrasi. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Masyarakat Kabupaten Badung kini tidak perlu datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk mengurus Kartu Identitas Anak (KIA). Identita anak ini kita dapat diperoleh di masing-masing kecamatan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Badung, AA. Ngr Arimbawa, mengatakan pelayanan dan pencetakkan KIA diarahkan ke masing -masing kecamatan. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Camat agar berkoordinasi dengan para Kepala Sekolah yang ada di wilayahnya untuk mendata keberadaan anak-anak di masing-masing sekolah yang belum memiliki KIA, sehingga pelayanan bisa lebih efektif dan efisien,” ujar Ngr Arimbawa, Selasa (28/1).

Mantan Camat Kuta Utara yang akrab disapa Gung Arim ini juga menambahkan sebagai lembaga teknis yang mempunyai tupoksi penataan dan penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengolahan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan public.

Baca juga:  Ribuan Warga Badung Belum Perekaman E-KTP

“Kami terus berupaya melakukan pelayanan, karena meningkatnya jumlah dan mobilitas penduduk yang mengakibatkan data base dan administrasi kependudukan belum terupdate yang terekam melalui lahir, mati, pindah, datang (Lampid) dan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK),” terangnya.

Disebutkan, terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 7 tahun 2019 tentang Administrasi Kependudukan secara Daring (Dalam Jaringan) akan mempermudah dan mempercepat pelayanan dokumen yang ditandatangani secara elektronik.

“Apabila Kepala Dinas tidak berada di tempat atau sedang dinas ke luar maka dengan adanya sistem daring ini pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat tidak akan terganggu,” pungkasnya. (Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.