TABANAN, BALIPOST.com – Upaya pembangkitan ekonomi krama Bali dilakukan saat sosialisasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali Mewujudkan Bali Era Baru, Selasa (28/1) di Desa Adat Penarukan, Kerambitan, Tabanan. Pembangkitan ekonomi itu dengan pelatihan pembuatan sarana upakara (banten).

Sebagai narasumber dalam pelatihan ini, yakni Ida Peranda Gede Giri Dwija Guna dari Griya Uma Ngenjung, Angantaka, Badung. Ida peranda memberikan pelatihan tentang membuat banten penyambutan kepada para serati yang ada di Kerambitan.

Hanya, karena keterbatasan waktu, disampaikan pokok-pokoknya saja. Para serati pun nampak antusias mengikuti pelatihan ini.

Dijelaskan upakara penyambutan ini digunakan untuk anak yang baru lahir dengan umur tiga bulan. Banten ini juga digunakan pada saat bayi potong rambut pertama.

Baca juga:  Desa Adat Kedisan Lestarikan Tari Sakral

Kegiatan sosialisasi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali Mewujudkan Bali Baru” ini digelar Yayasan Dharma Naradha bekerjasama dengan Pemprov Bali, Bali Post, Bali TV dan didukung penuh Sampoerna untuk Indonesia. (Asmara Putera/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.