MANGUPURA, BALIPOST.com – Tahun baru Imlek 2571 tahun 2020 ini, merupakan shio Tikus Logam. Tahun ini, masyarakat diharapkan tetap semangat dan selalu menjaga kemanan demi kenyamanan bersama.

Penanggung jawab Vihara Dharmayana Kuta, Adi Dharmaja Kusuma berharap seluruh warga yang sudah diberikan ruang untuk berkiprah, baik dalam abdi negara maupun darma agama, bisa terus tetap eksis. Tetap menjalankan tugas sesuai dengan kemampuan serta menjaga kejujuran. “Kami berharap, mereka selalu bisa diberikan kesehatan maupun rezeki yang berlimpah,” ucapnya.

Sementara, menjelang Imlek 2571, keluarga besar warga Tionghoa di Banjar Dharma Semadhi, Kuta, Badung, melakukan berbagai persiapan, Sabtu (18/1). Seperti tahun-tahun sebelumnya, pembersihan yang dilakukan yaitu pembersihan Arca atau patung yang disucikan serta altar di Vihara Dharmayana yang terletak di Jalan Blambangan, Kuta.

Baca juga:  Jelang Imlek, Barongsai Masuk Pasar Badung

Selain itu, dilakukan pemasangan ratusan lampion dan pernak pernik menyambut hari raya imlek. “Sebanyak 200 warga terlibat langsung dan mengambil bagian setiap proses pengerjaan,” katanya.

Sebelum melakukan pembersihan, sudah dilakukan persembahyangan bersama. Kegiatan pembersihan ini biasanya dilakukan seminggu sebelum perayaan imlek yakni tanggal 24, bulan 12 lunar. ”Pembersihan dilakukan sehari saja,” kata Adi Dharmaja.

Rangkaian perayaan Imlek ini, kata Adi Dharmaja, yakni pada 24 Januari akan dilaksanakan persembahyangan tolak bala. Kemudian di 25 dilakukan persembahyangan bersama yang dilanjutkan dengan silaturahmi. Rangkaian penutupan akan dilaksanakan pada 8 Februari yakni Cap Gomeh. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.