SEMARAPURA, BALIPOST.com – Guna memerangi sampah plastik, Klungkung membuat Gerakan Puputan Sampah Plastik atau Gema Tansaplas. Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung diminta Bupati Klungkung Nyoman Suwirta mengawal gerakan ini agar mampu membangun kesadaran seluruh elemen masyarakat.

Bupati Suwirta menyampaikan itu, saat turun langsung ke DLHP Klungkung, Jumat (17/1). Dalam kesempatan itulah, dia langsung menuangkan idenya untuk menciptakan salah satu inovasi untuk memerangi sampah plastik, yakni Gema Tansaplas atau Gerakan Puputan Sampah Plastik.

Menurut Bupati Suwirta dengan terciptanya inovasi Gema Tansaplas ini, nantinya bisa memberikan manfaat untuk menuntaskan masalah sampah. “Semua harus berperan untuk memerangi sampah plastik melalui Gema Tansaplas ini baik dari Dinas DLHP maupun komponen masyarakat,” tegasnya.

Baca juga:  Hujan Sedang Hingga Ringan Masih Terjadi 3 Hari ke Depan

Melalui inovasi tansaplas itu, bupati mengajak seluruh masyarakat Klungkung untuk bersama-sama memerangi sampah. Dimulai dari rumah, kantor-kantor dan telajakan masing-masing.

Sementara itu, Kepala DLHP Klungkung A.A Ngurah Kirana menyambut baik saran dan intruksi yang diberikan oleh Bupati Suwirta. Pihaknya mengaku akan berupaya semaksimal untuk mengawal inovasi ini. “Intinya semua komponen masyarakat harus benar-benar total untuk memerangi sampah plastik. Dari hulu sampai hilir juga harus menerapkan secara penuh Pergub 97/2018, tentang PSP (Pengurangan Sampah Plastik),” ujarnya. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.