BPBD Bali akan menyiapkan database relawan penanggulangan bencana. (BP/Istimewa)

 

DENPASAR, BALIPOST.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali menginisiasi aplikasi e-relawan sebagai database para relawan seluruh Bali. Para relawan akan didata sesuai bidang, kapasitas, dan keahliannya masing-masing.

“Database ini sangat penting bila sewaktu-waktu para relawan dimobilisasi untuk tugas kemanusiaan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin dalam keterangan pers, Selasa (14/1).

Rentin menambahkan, BPBD Bali siap mensupport para relawan Bali sesuai dengan Perka BNPB Nomor 17 Tahun 2011 tentang Pedoman Relawan Penanggulangan Bencana. Mengingat, penanganan bencana bukan hanya menjadi tugas pemerintah. Melainkan semua pihak, sehingga pihaknya terus melakukan sinergi antar lini dalam upaya penanganan kebencanaan di Bali.

Baca juga:  Sejak Lima Tahun, Denpasar Nihil Kasus Rabies

“Kami selaku bagian dalam penanganan dan penanggulangan bencana sangat yakin dan percaya, bahwa semakin banyak orang yang terlibat maka tugas-tugas kemanusian akan semakin ringan dan mudah,” jelasnya.

Rentin juga berharap, kantor BPBD Bali bisa dijadikan sebagai rumah bersama untuk saling bersinergi dan berkoordinasi terkait misi kemanusiaan dalam kebencanaan. Selama ini, pihaknya telah rutin menggelar pertemuan antar lembaga pemerintah dan birokrasi seperti TNI/Polri, Basarnas, BMKG, dinas kesehatan, dinas sosial, dinas PUPR, serta BPBD kabupaten dan kota. (Rindra Devita/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.