MANGUPURA, BALIPOST.com – Sampah kiriman berupa rumput laut, mulai menepi di pantai Jimbaran. Kondisi ini, sudah terlihat sejak sebulan.

Bahkan, kurang lebih ada sebanyak 5 truk sampah kiriman berupa rumput laut telah diangkut oleh petugas terkait. Menurut Wayan, salah seorang tenaga kebersihan hotel di Jimbaran, dengan mulai munculnya sampah rumput laut, ini menandakan awal datangnya musim sampah laut. “Kalau rumput laut sudah menepi, artinya musim sampah kiriman sudah mulai datang,” katanya.

Menurutnya, sampah berupa rumput laut tersebut biasanya datang pada malam hari. Sehingga pada pagi harinya, harus segera dibersihkan.

Karena, bila tidak cepat ditangani, biasanya pada saat siang hari sampah tersebut kembali dibawa ombak ke tengah laut. “Biasanya sampah kiriman datang saat bulan November, berbarengan saat musim hujan. Mungkin karena musim hujan ini mundur,” pungkasnya.

Baca juga:  Badung Cabut Status Darurat Sampah

Dikonfirmasi terpisah, Minggu (29/12), Lurah Jimbaran, Ketut Rimbawan, tidak menampik kondisi ini. Kata dia, sampah kiriman yang mulai menepi di sepanjang Pantai Jimbaran, berupa sampah rumput laut.

Namun volume sampah tersebut diakuinya belum terlalu banyak. Pihaknya sudah mengimbau kepada hotel dan usaha yang berada di sepanjang pantai, untuk bisa membersihkan bersama-sama dengan DLHK Badung. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.