Saya termasuk pembaca yang agak kaget membaca ketika di Bali belakangan ini sudah mulai turun hujan es. Ini bagi saya mungkin hal langka, namun ketika saya baca di harian Bali Post, BMKG juga sudah memberikan penjelasan.

Yang disampaikan bahwa peralihan suhu dan  pergerakan udara memungkinkan hal ini terjadi di Bali. Sebagai orang Bali, saya tentu juga ingin tahu, apakah fenomena hujan es ini berpotensi berlanjut di Bali, ketika musim hujan sudah mulai merata di Bali? Mohon juga BMKG terus memberikan edukasi kepada pembaca terkait perkembangan cuaca di Bali belakangan ini.

Selain itu, saya juga mengusulkan agar petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di kabupaten/kota di Bali melakukan antisipasi lebih awal. Pemetaan daerah rawan banjir juga harus disampaikan. Bahkan kawasan rawan longsor juga mesti diumumkan.

Baca juga:  Selatan Bali Diguncang Gempa 4,4 SR

Artinya, kesiapan fasilitas dan sarana mengatasi dampak musim hujan harus dilakukan lebih awal. Biasanya musim hujan juga diwarnai dengan pohon tumbang dan melintang di jalan. Ini berpotensi menghambat laju kendaraan. Mudah-mudahan semua potensi kebencanaan diantisipasi lebih awal.

I Dewa Kadek Sunarta

Denpasar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.