Ketua K3S Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra saat kegiatan Lansia Berbasis Masyarakat di Desa Tegal Tugu, Senin (9/9). (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengajak seluruh lansia di Gianyar untuk selalu hidup sehat dan mandiri. Ia juga minta agar masing-masing desa membentuk kelompok lansia sebagai wadah untuk beraktivitas dan bersosialisasi.

“Jangan anggap para lansia itu jompo, tidak mampu beraktivitas lagi. Kita harus dukung, biarkan mereka beraktivitas sesuai kemampuannya. Hal ini akan membantu meningkatkan rasa percaya diri sehingga mampu mandiri di usia tuanya,” kata Adnyani Mahayastra saat kegiatan Lansia Berbasis Masyarakat di Desa Tegal Tugu, Kecamatan Gianyar, Senin (9/9).

Diungkapkannya, dengan adanya kelompok lansia di setiap desa, mereka nantinya dapat beraktivitas bersama seperti senam, pesantian, tirta yatra hingga cek rutin kesehatan tiap bulan. Para lansia tidak membutuhkan materi yang melimpah. Mereka hanya perlu diperhatikan oleh keluarga.

Baca juga:  Hindari Denda, WP Diimbau Bayar PBB sebelum 31 Agustus

K3S Gianyar bersama pemerintah dan swasta melalui program CSR juga telah melakukan berbagai upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan para lansia di kawasan seni ini. Kegiatan lansia berbasis masyarakat rutin diadakan setiap tahun, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga serta masyarakat.

Tahun ini kegiatan dilaksanakan di Desa Tegal Tugu diikuti 60 lansia binaan. Meskipun belum menyasar seluruh lansia yang ada di Kabupaten Gianyar, Adnyani Mahayastra berharap kegiatan ini sebagai motivator bagi seluruh masyarakat untuk selalu peduli terhadap lansia yang ada di desa.

“Dukungan keluarga sangat penting, terutama dalam hal penguatan emosional. Kita sebagai anak, menantu atau cucu harus mampu memberikan perasaan aman dan nyaman. Mereka dulu telah bekerja keras membesarkan anak-anaknya, kini gilaran kitalah yang menjaga mereka dengan penuh kasih sayang,” tegasnya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.