Suasana transaksi di pasar tradisional menjadi daya tarik tersendiri. Pembeli dan pedagangnya membangun komunikasi yang sehat untuk transaksi. Ini mungkin menjadi salah satu identitas pasar tradisional.

Namun, kini di tengah makin terbuka ruang transaksi, kalangan muda mulai jarang ke pasar. Online menjadi pilihan. Untuk itu, saya berharaap pemerintah daerah membangun daya tarik pasar tradisional. Salah satunya menjaga kebersihan pasar tradisional.

Baca juga:  Pemindahan Pedagang Pelataran Pasar Ditunda

Jika memungkinkan, toilet di pasar tradisional dijaga dan dirawat. Ini untuk tetap menjaga aroma pasar tradisional tidak bau menyengat. Meja-meja para pedagang di pasar tradisional mungkin bisa dibantu pemerintah daerah.

Masalahnya mereka, para pedagang juga dikenai iuran. Sebagai rasa terima kasih kepada pedagang pasar tradisional, kepedulian pemerintah hendaknya juga memerhatikan mereka.  Belakangan, saya juga pedagang tradisional patuh terhadap peraturan Gubernur Bali agar berpakaian adat setiap hari Kamis. Kepedulian pedagang pasar tradisional ini patut diapresiasi.

Baca juga:  Sampah Pedagang Bikin Got Tersumbat 

Ni Nyoman Sumiati

Denpasar, Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *