Pemkab Badung, membangun dua gedung SMAN baru guna menampung lulusan SMP terutama putra-putri Badung. (BP/ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Badung membangun dua gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri di wilayahnya. Upaya ini sebagai solusi mengatasi masalah keterbatasan ruang kelas saat tahun ajaran baru. Tak tanggung-tanggung, kabupaten terkaya di Bali ini menggelontorkan Rp 100 miliar untuk mewujudkan proyek tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung I.B. Surya Suamba mengatakan, dua bangunan sekolah yang tengah dalam tahap pembangunan ini adalah SMAN 2 Abiansemal yang berlokasi di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, dan SMAN 2 Kuta Selatan di Lingkungan Mumbul, Kelurahan Benoa, Nusa Dua. “Kedua proyek sekolah ini sedang dalam tahap pembangunan,” ungkapnya, Kamis (1/8).

Menurutnya, proyek SMAN 2 Kuta Selatan meliputi pekerjaan bangunan kantor, bangunan kelas tipe 1 (2 unit bangunan kelas), bangunan kelas tipe 2 (2 unit bangunan kelas), bangunan laboratorium, bangunan pos jaga (2 unit), finishing paduraksa penyengker dan papan nama, pekerjaan area suci, serta pekerjaan penataan halaman. Sementara SMAN 2 Abiansemal meliputi bangunan kantor, bangunan kelas tipe 1 (1 unit bangunan kelas), bangunan kelas tipe 2 (2 unit bangunan kelas), bangunan pos jaga, pekerjaan penyengker dan candi bentar, area suci, dan penataan halaman. “Sesuai target, kedua bangunan sekolah ini harus sudah rampung pada November 2019. Setelah bangunan ini jadi, selanjutnya akan dihibahkan ke Pemprov Bali,” ujarnya.

Baca juga:  Remaja Begal Motor Beraksi Dengan Sajam

Berdasarkan dokumen lelang, pembangunan gedung SMAN 2 Abiansemal disiapkan anggaran Rp 59.398.096.940 dengan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) Rp 59.192.051.369. Sementara SMAN 2 Kuta Selatan dianggarkan Rp 59.398.096.940 dengan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) Rp 59.134.766.667. Setelah melalui proses pelelangan, nilai kontrak SMAN 2 Abiansemal menjadi Rp 56.413.091.306 yang dikerjakan PT Tunas Jaya Sanur, sedangkan SMAN 2 Kuta Selatan dikerjakan oleh PT Bianglala Bali dengan nilai Rp 54.443.123.247.

Diminta konfirmasinya terpisah, Kepala Dinas Pendidikan kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Badung I Ketut Widya Astika mengungkapkan, dengan adanya tambahan dua SMA negeri, total Badung memiliki 10 SMAN. “Tambahan sekolah negeri ini akan memberikan kesempatan lebih banyak untuk siswa-siswa lulusan SMP mengenyam pendidikan di SMAN,” pungkasnya. (Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.