Kalak BPBD Karangasem I.B. Arimbawa. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem bakal membayar utang biaya perawatan pengungsi Gunung Agung yang sempat dirawat di rumah sakit yang tersebar di Bali. Pembayaran tersebut mempergunakan dana bantuan peduli bencana tahun 2017 sebesar Rp 3 miliar.

Kalak BPBD Karangasem Ida Bagus Arimbawa, Minggu (9/6), mengungkapkan, sebelumnya pihaknya mengajukan bantuan ke BNPB sebesar Rp 4,2 miliar. Dalam rapat belum lama ini, pemerintah pusat menyikapi pencairan Dana Siap Pakai (DSP) Rp 833 juta.

Baca juga:  Dua Warga Positif DB, Desa Sayan Galakkan PSN

“Maka dari itu, untuk menutupi kekurangan kami berencana memakai dana peduli bencana Gunung Agung untuk pembayaran utang di sejumlah rumah sakit. Rumah sakit yang sempat merawat pengunggsi saat erupsi Gunung Agung di antaranya RS Klungkung, Bangli, Buleleng, dan Karangasem,” ujarnya.

Arimbawa menambahkan, sebelum melakukan pembayaran melalui dana tersebut, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Hal ini dilakukan agar proses pembayaran tidak menyalahi aturan yang ada.

Baca juga:  Roadshow Kampus Bali Digifest, Mahasiswa Diajak Partisipasi Aktif dalam Kompetisi Digital

“Jika dari hasil koordinasi dana itu tidak bisa cair, kami akan kembali melakukan pembahasan dengan dinas terkait untuk mencari solusi sehingga utang di sejumlah rumah sakit bisa dibayar,” kata Arimbawa. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *