Ketua DPC PDIP Karangasem I Gede Dana kembali berpeluang menduduki Ketua DPRD Karangasem. {BP/nan}

AMLAPURA, BALI POST, com – Prestasi gemilang ditorehkan PDIP dalam hanjatan politik Pemilu dan Pileg Tahun 2019. Bagaimana tidak, dari jumlah 45 kursi di DPRD Karangasem, partai berlambang moncong putih itu sukses merebut 12 kursi. Dengan jumlah raihan kursi tersebut, PDIP kembali bakal mengambil alih posisi Ketua DPRD karangasem yang sebelumnya dikuasi oleh Partai Golkar.

PDIP meraih kursi terbanyak mengungguli partai lainya. Urutan kedua perolehan kursi terbanyak dicapai Partai Golkar dengan 10 kursi, disusul Partai NasDem dengan torehan 9 kursi dan Gerindra 5 kursi. Dengan demikian, tiga partai di bawah PDIP tersebut berhak mewakilkan kadernya untuk menduduki wakil ketua DPRD Karangasem.

Dalam hajatan ini, PDIP mampu meningkatkan jumlah suara dari Pileg 2014 yang hanya meraup sekitar 71 ribu suara meningkat menjadi 75 ribu lebih. Raihan ini mengungguli Partai Golkar yang berada di posisi kedua dengan memperoleh 57.720 suara dan NasDem di peringkat ketiga mendapat 54.187 suara.

Sementara untuk perolehan suara partai di provinsi, PDIP mengantongi 93.126 suara. Raihan suara ini juga mengungguli Golkar yang mendapat 46.984 suara dan NasDem mengantongi 37.444 suara. Begitu juga torehan suara di DPR RI, PDIP unggul dengan raihan suara 83.564 diikuti Partai Golkar 80.892 dan NasDem yang mendulang 24.327 suara. Kader PDIP yang lolos ke DPRD Provinsi pada pileg tahun ini juga bertambah. PDIP mampu meloloskan tiga wakilnya untuk duduk di DPRD Provinsi Bali. Sementara saat pileg tahun 2014 yang hanya meloloskan dua kadernya.

Baca juga:  Pemilu 2019, Dapil di Bangli Jadi Lima

“Kesuksesan PDIP meraih kursi terbanyak di DPRD Karangasem dan perolehan suara terbesar dari partai-partai yang lainnya tidak lepas dari kerja keras dan kebersamaan para kader kami. Kerja gotong royong dalam partai akhirnya bermuah manis,” ujar Ketua DPC Partai PDIP I Gede Dana, Senin (6/5) kemarin.

Gede Dana menambahkan, dengan prestasi yang didulang di pileg kali Ini, PDIP kembali bakal mengambil alih posisi ketua DPRD Karangasem. Sebelumnya, posisi Ketua DPRD Karangasem diisi oleh kader Partai Golkar. Ia mengaku siap kembali menduduki ketua DPRD bila diberikan mandat oleh partainya, karena ada mekanisme untuk penunjukan ketua sesuai visi dan misi partai. ”Kalu ditunjuk saya siap kembali menjalankan tugas untuk menjadi Ketua DPRD Karangasem. Sebelumnya saya sudah sempat menduduki ketua DPRD,” katanya.

Kendati mampu merebut kuris terbanyak, lanjut Gede Dana, ada kader incumbent dari PDIP yang belum beruntung kembali duduk di dewan. Dua kader incumbent yang gagal masing-masing-masing I Komang Sudanta dan I Wayan Sudira. Sementara dua orang lainnya tidak lagi mencalonkan diri yakni I Wayan Sumerta dan I Gede Dauh Suprapta. Sementara kader pendatang baru empat orang yakni I Ketut Suardana dari Dapil Abang dengan torehan 2.002 suara, I Wayan Pura Arnawa (Karangasem, 3.011 suara), I Gede Parwata (2.679 suara) dan I Nengah Songkob (Kubu, 2.075 suara). (Eka Parananda/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.