Rapat evaluasi pelaksanaan pengawasan Bawaslu Jembrana terkait Pilkada Jembrana. (BP/Dokumen)

NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah nama bakal calon di Pilkada Jembrana bermunculan.

Dalam perhelatan Pilkada Jembrana ini, sejumlah partai politik (parpol) sudah mulai menjaring bakal calon Bupati dan Wakil Bupati. PDIP selaku parpol yang memiliki suara tertinggi, dipastikan siap mengusung paslon.

PDIP Jembrana mulai Jumat (19/4) membuka bursa penjaringan calon secara umum. Sementara DPD Golkar Jembrana saat ini akan melakukan survei sejumlah nama-nama kader maupun dari eksternal.

Ketua DPC PDIP Jembrana I Made Kembang Hartawan, Jumat (19/4) mengatakan DPC PDIP Jembrana telah melakukan rapat internal, membahas penjaringan bakal calon dari internal. Dari aspirasi di tingkat bawah, muncul sejumlah nama kader untuk calon Bupati, Kembang Hartawan dan Diah Werdhi Srikandi.

Baca juga:  Sungai Pulukan Meluap, Sejumlah Rumah Tergenang hingga Tiang Listrik Alami Kerusakan

Sedangkan untuk wakil Bupati, muncul nama Ni Made Sri Sutharmi, I Ketut Suastika dan Ida Bagus Susrama. “Nama-nama kader ini muncul dari bawah. Di samping juga ada dari eksternal, yakni Pak Patriana Krisna (Golkar) dan I Kade Darma Susila (Gerindra),” ujarnya.

PDIP menurutnya juga mulai membuka penjaringan untuk tokoh-tokoh yang akan bersama membangun Jembrana dari luar kader (eksternal) mulai Jumat hingga 30 Mei 2024. Syaratnya, tokoh tersebut tidak terlibat dengan masalah hukum dan harus menerima segala risiko (kesiapan mental).

Selain nama-nama itu, dari arus bawah juga menghendaki PDIP berkolisi dalam Pilkada Jembrana 2024 nanti. “Diserahkan kami di DPC dan DPD untuk menjalin komunikasi dengan partai lain untuk koalisi. Yang kedua, mereka meminta kita berhadapan dengan Pak Tamba (Bupati incumbent). Kita (PDIP) akan berkompetisi, memastikan bahwa kita bertarung,” ujarnya.

Baca juga:  Tiga Pekan Jelang Pilkada, Persiapan Logistik Baru 50 Persen

Sementara itu, Partai Golkar yang berada di posisi kedua dan wajib koalisi juga akan melakukan survei. Ketua DPD Golkar Jembrana, I Made Suardana mengatakan Golkar Jembrana juga telah melakukan penjaringan nama-nama bakal calon. Baik itu di internal maupun luar dengan sistem survei. Untuk di internal tiga nama kader yakni dirinya (Suardana) selaku Ketua DPD Kabupaten Jembrana, I Wayan Suardika (wakil ketua DPRD Jembrana) dan IGN Ngurah Patriana Krisna (Wabup Jembrana).

“Kita membuka secara terbuka Golkar, siapapun yang berkomitmen untuk bersama-sama melalui Golkar menuju Pilkada Jembrana. Kita akan melakukan survei nanti, yang berkomitmen melalui partai kami,” kata anggota DPRD Bali ini.

Baca juga:  Longsor Tutup Jalan Desa di Pergung

Terkait dengan koalisi, untuk saat ini juga masih terbuka dan dinamis “Apakah nanti koalisi Pembaruan, koalisi perubahan atau yang lain dengan visi yang sama,” ujarnya.

Namun Partai Golkar Jembrana sebagai pengusung Bupati dan Wakil Bupati Jembrana I Nengah Tamba- I Gede Ngurah Patriana Krisna masih akan tetap mengawal hingga akhir jabatan. “Itu komitmen kami untuk mengawal. Untuk Pilkada Jembrana 2024 ini, tentunya kami lihat aspirasi di bawah seperti apa. Yang jelas, Golkar terbuka (penjaringan),” tambahnya.

Hasil survei ini, hingga final saat pendaftaran pada Agustus mendatang menjadi acuan DPD untuk menentukan koalisi dan sosok yang akan diusung. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN