GIANYAR, BALIPOST.com – Polisi sudah menyiapkan pengamanan extra untuk pelaksanaan pemilu di Kabupaten Gianyar yang berlangsung, Rabu (17/4) hari ini. Bahkan disiapkan 700 lebih personil untuk mengamankan sekitar 1.502 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Gianyar.

Dari ribuan TPS itu diketahui sektiar 100 TPS di kawasan gumi seni ini yang masuk katagori rawan. Selain itu juga dipastikan ada 1 TPS yang masuk katagori sangat rawan.

Kapolres Gianyar AKBP Priyanto Priyo Hutomo dikonfirmasi mengungkapkan bahwa pihaknya mengerahkan petugas gabungan Polres Gianyar dan Polda Bali sebanyak 729 personel. Dari jumlah itu 457 personel untuk pengamanan 1502 TPS. “Jadi kita memang terbatas dalam jumlah personel dibandingkan tps yang begitu banyak,” ucapnya Selasa.

Kapolres Gianyar mengungkapkan dari 1502 TPS di Kabupaten Gianyar, ada 1384 TPS yang masuk kategori kurang rawan atau aman, 117 TPS yang masuk dalam katagori rawan dan 1 TPS yang digolongkan sangat rawan. Di tengah keterbatasan personel, pihaknya pun sudah menyiapkan pola pangamanan yakni untuk TPS kurang rawan dikawal 2 polisi mengamankan 8 TPS dan 16 linmas.

Selanjutnya untuk TPS yang masuk katagori rawan, pihaknya menyiapkan 2 polisi mengamankan 2 TPS dibantu 4 linmas. “TPS Katagori rawan ini ada hampir di tujuh kecamatan, jadi untuk TPS yang rawan ini kita kerahkan 2 polisi untuk 2 TPS,” katanya.

Baca juga:  Pemilih di Jembrana 235.284 Orang

Polisi juga mengklasifikasikan 1 TPS dalam katagori sangat rawan. Klasifikasi ini dicetuskan untuk TPS khusus yang akan mobiling melayani hak pilih di rumah sakit, rumah tahanan (Rutan Gianyar), termasuk tahana Polres dan Kejari Gianyar.

Pengamanan 5 kotak suara dalam satu TPS khusus yang masuk katagori sangat rawan ini dikerahkan 2 personil di bantu 2 linmas. AKBP Priyanto menambahkan meski pihaknya sudah mengklasifikasi TPS, namun secara keseluruhan suasana pemilu di Kabupaten Gianyar tergolong kondusif.

Pihaknya pun sudah melakukan deteksi dini, hasilnya sementara belum ada hal yang mengancam keamanan. “Secara keseluruhan semua masih kondusif,” tegasnya.

Sementara Ketua KPU Gianyar Putu Agus Tirta Suguna mengatakan pihaknya kini menggelar lomba TPS yang diikuti 7 TPS. Meliputi TPS 21 Banjar Pacung, Kelurahan Bitra Kecamatan Gianyar. TPS 3 Banjar Selat, Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh.TPS 5 Banjar Peninjauan, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati. TPS 6 Banjar Ubud Tengah, Kelurahan Ubud, Kecamatan Ubud. TPS 37 Banjar Mantring, Desa Tampaksiring. TPS 16 Desa Puhu, Kecamatan Payangan dan TPS 16 Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang. “Kita adakan lomba TPS,” sebutnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.