MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melanjutkan program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk pembangunan rumah sehat dan layak huni atau program bedah rumah untuk enam Kabupaten di Bali. Kamis (11/4) giliran Kabupaten Bangli dibantu 250 bedah rumah dari BKK Kabupaten Badung tahun 2019.

Penyerahan bantuan bedah rumah di Kabupaten Bangli dipusatkan di Desa Songan B di Kecamatan Kintamani, Bangli.

Bupati Bangli I Made Gianyar, menyambut langsung kehadiran Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang hadir bersama Wakil Bupati I Ketut Suiasa, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) I Ketut Gde Suyasa, Kepala Badan Litbang I Wayan Suambara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu I Made Agus Aryawan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman AA Ngurah Bayu Kumara Putra, Kepala Bagian Hukum Setda Badung I Komang Budi Argawa, dan Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangli I Nengah Sukarta, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Badung beserta rombongan dalam acara penyerahan bantuan BKK Kabupaten Badung untuk Kabupaten Bangli di kecamatan Kintamani. Bantuan ini untuk 7 Desa mendapat 250 bedah rumah. “Kabupaten Badung pendapatan APBDnya paling besar di Bali dan sudah bisa mengurangi kemiskinan Kabupaten Badung dan sekarang berlanjut membantu kabupaten lain yang ada di wilayah Provinsi Bali. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan dari Kabupaten Badung bisa mengurangi kemiskinan yang ada di Bangli,” ungkapnya.

Bupati Bangli I Made Gianyar, dalam kesempatan tersebut, mewakili masyarakat Bangli mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bupati Badung bersama jajarannya dalam penyerahan bantuan BKK Kabupaten Badung untuk 7 Desa di Kecamatan Kintamani. Selain bantuan BKK, Pemkab. Badung telah banyak membantu masyarakat Bangli khususnya dalam pembangunan pura.

Bantuan ini menurutnya, sangat membantu Pemkab Bangli dalam upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Bangli. “Kami di Bangli telah banyak dibantu oleh Badung. Pembangunan inprastuktur jalan di balik bukit, membuat perairan di Desa Suter, pendanaannya bersumber dari APBD Bangli dan juga dibantu oleh Kabupaten Badung,” ucap Bupati Made Gianyar.

Baca juga:  Bedah dan Rehab Rumah di Klungkung Ditargetkan Tuntas 2020

Dalam sambutannya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan bahwa kehadirannya di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Kintamani untuk menyampaikan program Kabupaten Badung yaitu “Angelus Bhuwana” di Kabupaten Badung yang artinya dari Badung untuk Bali, salah satunya penyerahan bantuan rumah BKk bedah runah ini. Perbekel diharapkan membantu semeton yang dapat bantuan agar tidak ada bantuan tepat sasaran.

Menurutnya bantuan BKK ini merupakan lanjuttan dari program pembangunan 2.000 Rumah Sehat Layak Huni yang sebelumnya sudah diserahkan di Kabupaten Buleleng, Tabanan, dan Jembrana, sekarang berlanjut ke Kabupaten Bangli. Bantuan di Bangli sebanyak 250 bedah rumah, terdiri dari ke Desa Abang Songan 12 , Desa Catur 2, Desa Songan A 33, Desa Songan B 75, Desa Suter 5, Desa Trunyan 118, dan Desa Abang Batudinding 5 bedah rumah. “Harapan kami dengan adanya bantuan ini, kita melihat Pancasila, Lima Sila kalau diperas menjadi Trisila diperas lagi menjadi Ekasila dan diperas lagi menjadi Gotong royong, sehingga semangat Gotong – royong inilah menjadi motivasi, yang kita bangkitkan. Yang sudah baik kita sempurnakan lagi,” jelasnya.

Diharapkan pula pembangunan ini secara gotong royong, dimana masing-masing mendapat bantuan Rp 50 juta dan tanpa potongan pajak. “Pembangunan untuk 6 Kabupaten sebanyak 2000 unit dengan anggaran 100 M,” tambahnya.

Untuk membangun Bali dari Badung, Bupati Giri Prasta mengikuti perjalanan Presiden Joko Widodo, membangun Indonesia dari pinggiran dan dari Badung membangun Bali dari Pinggiran seperti Buleleng dari SCTPB (Sidetapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa ,dan Banyuasri) lanjut ke Kabupaten Karangasen mulai dari Munti Gunung, Bangli dari Songan dan seterusnya.

Kepada seluruh masyarakat Bangli agar mendukung program yang sudah berjalan yang dibuat Bupati Bangli bersama jajarannya untuk membangun inprastruktur demi kesejahteraan masyarakat. Bupati Giri Prasta akan siap membantu demi tuntasnya pembangunan di Bangli. Setelah bedah rumah, kami akan berlanjut membantu untuk rehab berat dan ringan, serta bantuan usaha ekonomi produktif,” jelasnya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.