MANGUPURA, BALIPOST.com – Setelah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebanyak 20 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Badung menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (1/4) hari ini. Adapun jadwal untuk UNBK SMA, Senin (1/4) adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa (2/4) mata pelajaran Matematika, Kamis (4/4) mata pelajaran Bahasa Inggris, dan hari terakhir, yakni pada Senin (8/4) adalah Satu Mata Pelajaran Jurusan yang Diujikan.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Badung Putu Jaya Kusuma, membenarkan siswa SMA, baik negeri maupun swasta, akan mengikuti UNBK. “Seluruh sekolah pun sudah siap 100 persen untuk mengikuti ujian, sebab telah dipersiapan jauh-jauh hari. Untuk hari pertama UNBK SMA, yakni mata pelajaran Bahasa Indonesia,” ungkap Jaya Kusuma, Minggu (31/3).

Menurutnya, pihaknya juga telah melakukan simulai dan gladi bersih, sehingga betul-betul pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik dan lancar. Dengan upaya tersebut, diharapkan satu hari menjelang pelaksanan UNBK, tidak ada laporan dari para kepala sekolah adanya kendala dalam persiapan pelaksanaan UNBK. “Tidak saja di SMA negeri, swasta pun sama, semua siap. Biasanya listrik tetap menjadi momok dalam pelaksanaan UNBK. Sebab, saat aliran listrik tiba-tiba mati dapat mempengaruhi jalannya ujian,” sebutnya.

Baca juga:  1.205 Siswa SMA di Bangli Ikuti UNBK

Namun demikian, pihak sekolah disarankan untuk menyediakan genset sebagai antisipasi bila terjadi pemadaman listrik. Pihaknya, menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing sekolah. “Kami sudah menyampaikan hal ini kepada pemerintah provinsi, tidak harus sekolah menyiapkan genset, karena biayanya mahal. Bila mana sekolah mampu silahkan,” katanya.

Seperti diberitakan, di Badung ada 20 SMA negeri dan swasta yang mengikuti UNBK. Adapun jumlah siswa yang ikut ujian tercatat sebanyak 4.054 siswa. (Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.