Bupati Mahayastra meninjau rencana pembangunan lokasi rumah sakit Payangan. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com –  Untuk membangun rumah sakit tipe C di Kecamatan Payangan, Kantor Camat Payangan dan Kantor Koramil akan dilakukan relokasi ke lokasi Balai Benih Ikan (BBI) di Payangan.

Hal itu terungkap saat Bupati Gianyar I Made Mahayastra di dampingi OPD terkait, meninjau lokasi rencana pembangunan rumah sakit tipe C di Kecamatan Payangan, Rabu (27/2).

Menurut Bupati Mahayastra, untuk pembangunan RS Payangan membutuhkan lokasi yang strategis yakni lokasi yang saat ini berdiri Puskesmas Payangan. Pembangunan rumah sakit ini juga membutuhkan lahan yang cukup luas. Sementara lahan puskesmas yang akan dibangun menjadi RS tipe C ini belum mencukupi untuk dibangun Gedung UGD dan lahan parkir. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut, digunakan lahan kantor camat dan koramil Payangan dimanfaatkan untuk kebutuhan tersebut.

Lokasi kantor camat, Kantor Koramil Payangan dan UPT Kesmas Payangan akan dipindahkan  dan dibangun di lokasi Balai Benih Ikan (BBI) di Payangan.  Sedangkan untuk BBI Payangan akan disatukan dengan BBI yang ada di Desa Siangan Kecamatan Gianyar, diharapkan pemindahan dan pembangunan ini selesai pada tahun 2020 nanti.

Bupati Mahayastra menambahkan terkait pembangunan RS tipe C di Kecamatan Payangan, ini memang merupakan kebutuhan mendesak. Apalagi dari 7 kecamatan di Kabupaten Gianyar ada 3 kecamatan yang belum memiliki akses memadai terkait layanan kesehatan. Diantaranya Kecamatan Payangan, Tampaksiring dan Tegallalang.

Baca juga:  Sengketa Tanah SDN 1 Pejeng Kaja Berlanjut ke Pengadilan

Sedangkan di kecamatan lain hampir seluruhnya memiliki rumah sakit. Seperti di Kecamatan Gianyar selain dekat dengan RSUD Sanjiwani, juga terdapat RS Family Husada, di Kecamatan Ubud ada RS Aricanti, di Kecamatan Sukawati dilayani oleh RS. Premagana dan RS Ganesha, sedangkan di Kecamatan Blahbatuh terdapat RS Kasih Ibu.

“Jadi melihat kondisi ini dan untuk lebih memudahkan memberikan pelayanan yang optimal pada masyarakat, pembangunan RS di Kecamatan Payangan sudah menjadi suatu keharusan,” ucap Bupati Mahayastra.

Ditambahkan RS Payangan ini nantinya akan melayani masyarakat di kecamatan yang berdekatan seperti Kecamatan Tegallalang dan Tampaksiring. Mengingat lokasi RSUD Sanjiwani cukup jauh dari ketiga kecamatan tersebut. Disamping itu juga, pembangunan RS. tipe C ini menjadi keharusan karena untuk saat ini layanan BPJS kesehatan harus melalui rujukan RS tipe C sebelum dirujuk ke RSUD Sanjiwani. (manik astajaya/balipost)

 

 

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.