Bupati Gianyar Made Mahayastra menghadiri soft lounching UPT Kesmas Gianyar II, Desa Petak, Gianyar, sebagai UPT Kesmas Rawat Inap, Jumat, (23/11). (BP/ist)

GIANYAR, BALIPOST.com – Guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Gianyar membuka pelayanan Rawat Inap dengan Soft Launching UPT Kesmas Gianyar II, Desa Petak, Gianyar, sebagai UPT Kesmas Rawat Inap, Jumat, (23/11).

Bupati Mahayastra mengatakan bahwa komitmen Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam pembangunan kesehatan bagi masyarakat, dengan meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk UPT Kesmas Gianyar II dalam pelayanan rawat inap.

Dikatakan hal ini sejalan dengan arah kebijakan Kementerian Kesehatan tentang penguatan akses pelayanan kesehatan, dimana di setiap kecamatan memiliki 1 UPT Kesmas yang bersatatus UPT Kesmas Rawat Inap. Status UPT Kesmas Rawat Inap merupakan sebuah pengakuan dari Kementerian Kesehatan terhadap perubahan menuju ke arah yang lebih baik.

“Melalui upaya ini harapan terjadinya peningkatan mutu pelayanan, meningkatkan kinerja dalam pelayanan kesehatan, dan memberikan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungan serta UPT Kesmas sebagai institusi pelayanan,” katanya.

Dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati, M.Kes. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar menyampaikan bahwa Pelayanan UPT Kesmas Gianyar II saat ini telah ditingkatkan dengan rawat inap, guna meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar, khususnya pelayanan rawat inap di Kabupaten Gianyar, yang lokasinya sebagai penyangga perbatasan Kabupaten Bangli.

Baca juga:  Puluhan Pengungsi Mulai Alami Gangguan Kesehatan, Belasan Jalani Rawat Inap di RSU Bangli

Dikatakan pembangunan fisik Rawat Inap ini telah dimulai dikerjakan sejak 2017, dan pengadaan sarana alat kesehatan dengan anggaran Pemerintah Kabupaten Gianyar di 2018. Dengan Rawat Inap UPT Kesmas Gianyar II, maka dari tujuh kecamatan di Gianyar, telah lima kecamatan yang memiliki UPT kesmas rawat inap, dan dua kecamatan akan direncanakan pada 2020 dan 2021.

Dengan dibukanya layanan rawat inap ini, diharapkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terus meningkat dengan optimal, khususnya bagi masyarakat di Wilayah Kecamatan Gianyar.

Dr. Pande Putu Irma Yustini,  Kepala UPT Kesmas Gianyar II, menyampaikan pelayanan Rawat Inap yang diberikan  yaitu pelayanan unit gawat darurat, ruang  persalinan, ruang perawat penyakit dalam, anak, dan ruang isolasi, serta laboratorium.  UPT Kesmas Gianyar II siap memberikan pelayanan kesehatan, baik dalam gedung, maupun luar gedung melalui kunjungan rumah maupun kegiatan pelayanan kesehatan  lainnya. (manik astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.