Resmikan -Bupati Karangasem I Gede Dana saat meresmikan Puskesmas Abang I yang dibangun di Banjar Desa Tista Gede, Desa Tista Kecamatan Abang, pada Senin (17/1). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem, I Gede Dana, terus berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Karangasem. Hal itu dibuktikan menyusul diresmikannya Puskesmas Abang I yang dibangun di Banjar Desa Tista Gede, Desa Tista Kecamatan Abang, pada Senin 17/1). Dengan dibangunnya puskesmas Abang 1 yang kini dilengkapi dengan fasilitas rawat inap merupakan jawaban atas penantian puluhan tahun warga Abang.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengungkapkan, dengan beroperasinya Puskesmas tersebut, nantinya bisa lebih mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Abang, utamanya layanan rawat inap serta pelayanan medis 24 jam untuk masyarakat. “Saya berharap, dengan adanya Puskesmas Abang 1 ini, masyarakat di Kecamatan Abang sudah bisa mendapatkan pelayanan medis 24 jam serta layanan kegawatdaruratan hingga layanan rawat inap dengan cepat, tanpa harus jauh-jauh ke RSUD Karangasem,” ujar Gede Dana.

Baca juga:  Puluhan Warga Diduga Mengalami Keracunan Makanan

Menurut Gede Dana, kalau layanan medis 24 jam dan kegawatdaruratan sudah bisa dinikmati, sedangkan untuk layanan rawat inap, ruangan dan fasilitasnya sudah siap tinggal menunggu registrasi dari Kementrian Kesehatan. Sebab, sejak 2 Januari 2022 Puskesmas Abang I ini sudah mulai memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, namun masih menggunakan alat-alat kesehatan, serta saran prasarana dari puskesmas yang lama.

“Nanti kami akan mengupayakan untuk pengadaan kelengkapan alat medisnya dan sarana prasarana untuk menunjang pelayanan Puskesmas Rawat Inap. Dengan begitu, maka kedepannya pelayanan kesehatan untuk masyarakat bisa lebih maksimal lagi,” jelasnya.

Baca juga:  Kadek Rico Pecahkan Rekor SEASA di Senayan

Guna membuat masyarakat merasa nyaman, kata Gede Dana, pihaknya meminta Kadiskes untuk mengagendakan kunjungan Dokter Spesialis ke Puskesmas Puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap. “Saya yakin, para dokter spesialis yang melamar menjadi ASN juga bersedia mengabdikan diri tidak hanya di rumah sakit umum daerah, tapi juga di Puskesmas yang ada di tiap desa,” tutup Bupati Gede Dana.

Sementara Kadiskes Karangasem, dr I Gusti Bagus Putra Pertama, menjelaskan, proses kegiatan pelaksanaan pembangunan Puskesmas Abang I dimulai pada tanggal 12 Juli 2021 sampai dengan 27 Desember 2021. Dalam proses pembangunan ini juga mendapat pendampingan hukum dari Kejaksaan Negeri Karangasem, sehingga Serah Terima Pembangunan dilaksanakan pada 24 Desember 2021. “Dan yang dipergunakan untuk pembangunan gedung ini dari Anggaran Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp 5,6 Miliar,” jelasnya.

Baca juga:  Pulang dari AS, Warga Positif COVID-19 Dijemput Satgas Gianyar

Salah seorang pasien, Ketut Kode asal Desa Kesimpar, mengucapkan terima kasih atas dibangunnya gedung Puskesmas Abang I ini, dengan fasilitas kesehatan yang memadai. Karena fasilitas kesehatan ini sangat diharapkan masyarakat Abang sejak lama. “Jadi, dengan adanya puskesmas Abang I ini, kami bisa lebih dekat dan cepat untuk menerima pelayanan kesehatan,” ucapnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN