Kapolres Klungkung, AKBP I Komang Sudana disambut tradisi Pedang Pora. (BP/istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kapolres Klungkung kini resmi berganti. Tongkat komando diserahterimakan Kapolda Bali Irjen. Pol Petrus Reinhard Golose, dalam acara Sertijab jabatan PJU Polda Bali dan Kapolres jajaran Polda Bali di Gedung Perkasa Raga Garwita, belum lama ini. Pejabat lama AKBP Bambang Tertianto, digantikan pejabat baru AKBP I Komang Sudana.

Usai serah terima, kapolres yang baru langsung disambut dengan tradisi pedang pora. Acara lepas sambut pejabat lama dan baru Kapolres Klungkung, berlangsung Sabtu (10/11).

Tiba di halaman Mapolres Klungkung, pejabat lama AKBP Bambang Tertianto menyambut AKBP I Komang Sudana, dengan pengalungan dan pemberian buket bunga. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan acara prosesi pedang pora oleh para perwira pertama berpangkat Ipda dan Iptu, di pimpin komandan pedang pora Iptu Nengah Simpen.

Baca juga:  Diamankan, Pelaku Pencurian di Puskesmas Dawan II Gunaksa

Tradisi pedang pora pada acara penyambutan atau selamat datang kepada pejabat baru seperti kapolres, mengandung makna bagaimana perwira-wira lainnya akan senantiasa setia untuk memayungi dan mengawal pimpinan barunya selama pelaksanaan tugas. Demikian juga tradisi pedang pora pada pelepasan pimpinan lama dengan membentuk lingkaran pedang pora, bermakna tugas memanyungi dan mengawal pimpinan lama telah berakhir.

Usai memasuki gerbang pedang pora, AKBP I Komang Sudana, bersama Ketua Bhayangkari didampingi Waka Polres Kompol Adnan Pandibu,disambut para Kepala Bagian (Kabag), Para Kepala Satuan Fungsi (Kasat Fung) dan para Kapolsek jajaran beserta bhayangkarinya dan seluruh personil Polres Klungkung. Pimpinan baru mereka disambut dengan nyanyian penyambutan Kapolres Klungkung, hingga ia memasuki ruang kerja kapolres.

Baca juga:  Kecanduan Game Online, Aditya Sampai Curi Laptop dan Tabung LPG

“Mohon kerjasama semua pihak. Saya siap melanjutkan apa yang sudah dikerjakan bapak Bambang,” kata kapolres berdarah Klungkung asli Tulang Nyuh ini, yang sebelumnya bertugas di Kasubdit III Reskrimum Polda Bali.

Selanjutnya AKBP I Komang Sudana menuju ruang Rupatama Polres Klungkung untuk mengikuti laporan kesatuan, sekaligus melepas AKBP Bambang Tertianto, melalui prosesi payung pora. Bambang menyampaikan terima kasih kepada jajarannya setelah memimpin cukup baik di Bumi Serombotan, selama 1,5 tahun. Selanjutnya dia didapuk sebagai Wadir Reskrimsus Polda Bali. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Selama Wabah COVID-19, Kejari Perak Sidangkan Ribuan Perkara
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *