Kegiatan kuliah umum di SKB Kayuambua, Jumat (9/11). (BP/ina)  

BANGLI, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Bangli selama ini memiliki program dana bergulir untuk pendidikan dan pembiayaan bagi masyarakat Bangli yang ingin berkarir ke luar negeri. Bunga program dana bergulir yang dikenakan cukup ringan yakni hanya 6 persen per tahun. Agar semakin banyak masyarakat yang bisa berkarir di luar negeri, Pemkab Bangli berencana akan menggratiskan bunga program dana bergulir tersebut.

Rencana itu disampaikan Bupati Bangli I Made Gianyar saat memberikan kuliah umum di Gedung SKB Kayuambua, Kecamatan Susut, Jumat (9/11). Gianyar menjelaskan Pemkab Bangli selama ini sangat mendukung masyarakat Bangli yang ingin berkarir di bidang pariwisata khususnya perhotelan maupun kapal pesiar. Dukungan itu dibuktikan dengan adanya program pemberian dana bergulir untuk pendidikan dan pembiayaan ke luar negeri melalui Bank Pasar Bangli dengan bunga yang sangat ringan yakni hanya 6 % per tahun. Dalam program dana bergulir ini, Pemkab Bangli juga mengandeng beberapa sekolah pariwisata dan perhotelan di Bali.

Dikatakan Gianyar, sejak digulirkan, program tersebut cukup banyak diminati masyarakat. Meski bunga yang diberikan selama ini sudah sangat ringan, Gianyar kedepan berencana akan menggratiskan bunga dana bergulir itu. Tujuannya agar masyarakat semakin diringankan dan tidak terbebani. “Setelah digratiskan nanti, kita berharap semakin banyak masyarakat yang mengakses program ini, dengan harapan semakin banyak masyarakat Bangli yang terserap didunia kerja, baik diperhotelan maupun kapal pesiar,” katanya.

Baca juga:  Segera Dimulai, Pembangunan Pasar Loka Crana

Agar program ini bisa terus berlanjut serta dana bergulir ini agar tetap utuh dan terjaga, pada kesempatan itu Gianyar juga menghimbau masyarakat Bangli yang sudah sukses bekerja untuk bisa segera mengembalikan dana bergulir. Sehingga dana itu menjadi dana abadi yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat lainnya. “Kita himbau masyarakat yang sudah sukses, bisa segera mengembalikan dana bergulir ini. Kalau sudah dikembalikan, tentu dana ini bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang lainnya,” kata Bupati asal Desa Bunutin, Kintamani ini. (dayu rina/balipost)

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.