Hutan di lereng Gunung Agung kembali terbakar. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Lahan hutan di kawasan lereng Gunung Agung kembali terbakar. Kali ini semakin meluas, api hingga merambah ke puncak. Petugas kesulitan melakukan pemadaman karena medan untuk mencapai titik api cukup sulit terjangkau.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Arimbawa, Kamis (25/10) mengungkapkan, kebakaran lahan hutan terjadi di atas perbatasan Dusun, Kedampal, Desa Datah, Abang, dan Dusn Batu Dawe Kaje, Kubu. Kebakaran berada di wilayah timur laut Lereng Gunung Agung dengan ketinggian mencapai 1 kilometer di atas permukaan laut.

“Kebakaran hutan meluas ke arah selatan hingga mencapai ke puncak Gunung Agung. Dan kita juga sudah berkoordinasi dengan KRPH (Kepala Resort Pemangku Hutan) Kubu,” ucapnya.

Baca juga:  Nekat Mendaki, Turis Rusia Bermeditasi Sebelum Diajak Turun Gunung Agung

KRPH Kubu, Mede Putra Ariawan, pihaknya hanya bisa melakukan pemantauan karena posisi kebakaran medannya di ketinggian 900 meter dan sulit untuk dijangkau. “Penyebab kebakaran tidak menutup kemungkinan di karenakan adanya gesekan kayu yang tertiup angin, karena diareal tersebut kondisinya sangat panas dan anginya sangat kencang,”katanya.

Sementara itu, salah seorang warga Wayan Wisana mengungkapkan, jika kebakaran di lerang Gunung Agung sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Kata dia, sampai saat ini kebakaran masih terlihat. “Di sejumlah titik kebakaran apinya mulai mengecil. Tapi di sejumkah titik apinya sudah mulai padam,” ujarnya. (eka prananda/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.