Warga secara swadaya melakukan perbaikan jalan di Batumadeg, Besakih. (BP/istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Puluhan warga Lingkungan Otan, Banjar Batumadeg, Desa Besakih terpaksa memperbaiki jalan yang rusak secara swadaya. Untuk penambalan jalan dilaksanakan, Selasa (16/10), memakai rambat beton itu dikerjakan langsung oleh warga setempat secara gotong royong.

Warga Lingkungan Otan, Banjar Batumadeg, Desa Besakih, Jro Mangku Jati mengatakan, jika kerusakan jalan memang sudah terjadi sejak lama. Kata dia, sebelumnya memang jalan sempat mendapatkan bantuan pengaspalan, namun sekarang ini kondisi jalan sudah sangat memprihatinkan. Jalan mulai bergelombang, batu geladak mulai bermunculan ke permukaan. “Jalan ini merupakan akses jalan umum yang tembus ke Pura Besakih. Setiap karya di Pura Penataran Agung maupun di Pura Dalem Puri banyak pemedek yang melintasi jalan ini larena macet,” ucapnya.

Dia mengatakan, melihat kondisi seperti itu, akhirnya dirinya bersama warga yang lain berinisiatif untuk melakukan penambalan jalan memakai rambat beton. Dana yang dipakai merupakan dana swadaya dari warga. “Untuk mengerjakan penambalan jalan ini dikerjalan secara swadaya dari warga. Kita sebagai warga hanya berharap jalan bisa diperbaiki. Karena jalan ini merupakan jalan kabupaten,” harapnya.

Baca juga:  Merasa Lebih Aman, Seratusan Umat Hindu Ngungsi di Pura Jagatnatha Palu

Sementara itu, Kadus Banjar Batumadeg, I Putu Eka Januarta mengatakan, jika jalan yang ditambal memakai rambat beton oleh warga itu memang jalan kabupaten. Dan pihaknya pun telah mengusulkan perbaikan jalan tersebut ke pemerintah daerah. “Usulan sudah kita sampaikan. Tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut. Kita berharap supaya segera jalan bisa diaspal,” katanya.

Kabid Binamarga PUPR Karangasem, I Ketut Prama Budarta mengakui, jika pihaknya belum tahu apakah itu jalan kabupaten atau desa. “Kita cek dokumennya untuk memastikan apakah itu benar jalan kabupaten atau desa. Tapi belum ketemu. Nanti kalau ada informasi baru kita akan sampaikan lagi,” ujarnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.