Petugas BPBD Gianyar tengah melakukan evakuasi pohon tumbang yang menutup jalan di Desa Ketewel. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Hujan lebat Jumat dini hari (7/9), memicu pohon tumbang di Banjar Pabean, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati. Tidak ada korban jiwa dari kejadian, hanya pohon yang tumbang menimpa kabel Pembangkit listrik Negara (PLN) serta menutup seluruh badan jalan.

Pohon santen ini dalam kondisi lapuk. Karena diguyur hujan, pohon berdiameter 80 cm dan tinggi 7 meter itu akhirnya tumbang Jumat pagi sekitar pukul 06.30 wita. Syukur saat kejadian tidak ada warga melintas di jalur itu. Pohon tumbang ini hampir memutus kabel PLN tersebut.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar bersama petugas PLN datang ke lokasi. Proses evakuasi berlangsung cukup lama, karena khwatir dengan aliran listrik dari kabel PLN. “Begitu menerima laporan, petugas langsung meluncur, dan evakuasi sudah selesai dilakukan,“ ucap Kepala BPBD Gianyar A.A. Gde Oka Digjaya.

Baca juga:  Sebulan Ini, BPBD Buleleng Fokus Pangkas Pohon Perindang

Sementara data BPBD Gianyar sepanjang 2018 hingga 22 Juni, secara keseluruhan tercatat ada 140 bencana alam, yang meliputi tujuh kecamatan. Seperti 70 bencana pohon tumbang, paling banyak terjadi di wilayah Kecamatan Gianyar dengan 15 pohon tumbang, Kecamatan Tampaksiring dengan 12 pohon tumbang, selanjutnya Kecamatan Sukawati dan Payangan masing-masing 11 bencanapohon tumbang. Selain itu masih nihil. (manik astajaya/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.