Peserta gerak jalan putri di Gianyar melakukan atraksi sebelum memulai lomba. (BP/istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Senin (6/8), seorang siswi SMK Kesehatan Maharsi meninggal dunia saat latihan gerak jalan. Tak hanya itu, dua tahun sebelumnya, siswa SMK Negeri 1 Tegallalang juga meninggal dalam perlombaan gerak jalan karena faktor kelelahan.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan itu, panitia lomba gerak jalan Kabupaten Gianyar mengimbau kepada peserta, untuk tidak memaksakan diri jika tidak kuat. “Lebih baik berhenti dan istirahat jika sudah tidak kuat dan jangan memaksakan diri, agar semua aman dan nyaman,” tegas Koordinator lomba gerak jalan I Made Erawan dihadapan 25 peserta gerak jalan indah SMP putri yang mengawali lomba gerak jalan, di open stage Balai Budaya Gianyar, Rabu (8/8).

Made Erawan mengatakan pihak panitia juga telah memperpendek jarak tempuh agar peserta tidak terlalu kelelahan. “Kami sangat berharap hal ini tidak terulang lagi,” katanya.

Jarak tempuh ditetapkan 4 km untuk tingkat SD sampai 12 km untuk tingkat SMA/SMK putra. Sementara lomba gerak jalan indah SMP putri yang mulai Rabu digelar dilepas Kepala BPBD A.A. Oka Digjaya. Para peserta saat dilepas melakukan demonstrasi berupa gerakan dan tarian indah. Hal ini juga dibarengi dengan nyanyian di depan podium undangan. Masyarakat tampak antusias memenuhi areal open stage dan sepanjang perjalanan yang dilalui.

Baca juga:  Nelayan Tenggelam Dipastikan Dapat Asuransi

Sementara itu Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Gusti Ayu Sri Widiawati, mengatakan, gerak jalan SMP putri menempuh jarak 7 km dengan mengambil rute open stage Balai Budaya – Abianbase –jalan Kebo Iwa – by pass Dharma Giri Buruan, kemudian balik ke arah timur menuju kantor Bupati Gianyar dan finis depan Puri Gianyar. “Pelaksanaan gerak jalan serangkaian memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-73 dilaksanakan selama 6 hari mulai 8 – 13 Agustus 2018,” tegas Widiawati.

Selanjutnya Kamis (9/8) hari ini diselenggarakan gerak jalan ketepatan waktu tingkat SMP Putra. Sementara pada Jumat (10/8) gerak jalan indah tingkat SMA/SMK putri, Sabtu (11/8) gerak jalan ketepatan waktu tingkat SMA/SMK putra, Minggu (12/8) gerak jalan indah tingkat SD putri dan Senin (13/8) gerak jalan SD putra. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.