Jusuf Kalla. (BP/Dokumen)

JAKARTA, BALIPOST.com – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengatakan negara-negara Pasifik tidak bisa mengatasi tantangan pembangunan manusia dan maritim berkelanjutan di negaranya jika berdiri sendiri. Sebab itu dibutuhkan hubungan kemitraan yang kuat dan berkelanjutan dengan negara-negara di sekitar kawasan.

“Banyak yang mengartikan laut memisahkan kita. Padahal Pasifik menghubungkan kita satu sama lain. Karena itu masalah yang terjadi di pasifik, adalah masalah di negara pasifik lainnya,” sebut Jusuf Kalla saat menjadi keynote speaker dalam sidang Indonesia – Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) di Jakarta, Senin (23/7).

Turut hadir dalam pertemuan ini, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf, serta sejumlah Anggota DPR RI lainnya.

Baca juga:  Sampaikan Fakta Baru Soal DPID, Wa Ode Nurhayati ke KPK

Menurut Jusuf Kalla, sama seperti arti Pasifik yang berarti teduh, maka diharapkan kemitraan Indonesia dengan negara-negara Asia Pasifik dapat memberikan kedamaian dan ketenangan bersama untuk membangun Kawasan Pasifik lebih maju.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam sambutannya mengatakan parlemen Indonesia dalam hal ini DPR RI menyadari pentingnya kekuatan parlemen dalam jalur diplomasi, yang berperan menjembatani dan menyalurkan aspirasi rakyat di panggung internasional serta forum diplomasi internasional. Karena itu, Indonesia dan negara Pasifik perlu membentuk suatu kemitraan untuk bersama-sama menghadapi tantangan ke depan. “Realitas menunjukkan bahwa negara-negara di Kawasan Pasifik ini tidak hanya dipersatukan oleh kesamaan kondisi geografis, potensi kekayaan alam dan keberagaman latar belakang Sumber Daya Manusianya, termasuk ras, tetapi juga kesamaan dalam tantangan dan masalah yang dihadapinya,” kata Bamsoet.

Baca juga:  Pascabom Bunuh Diri di Bandung, Penjagaan Polsek Diperketat

Karena itu, sebagai negara kepulauan, IPPP akan mengangkat isu-isu pembangunan di bidang kelautan, kemaritiman, dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi fokus bersama Indonesia dan negara-negara yang berada di Kawasan Pasifik. DPR RI bertekad menjaga kedaulatan di Kawasan Pasifik. IPPP merupakan sinergitas antara DPR dan Pemerintah untuk ikut serta dalam menjaga kemanan, pembangunan ekonomi dan konektivitas kawasan Pasifik.

Sebab, letak geografis Indonesia yang berada di posisi silang diantara 2 benua dan samudera, yakni Samudera Hindia dan Pasifik mengharuskan Indonesia berinteraksi dengan negara-negara tetangga. Selama ini, Indonesia terlibat dalam peningkatan hubungan negara pasifik melalui berbagai kerangka multilateral seperti PBB, Grup Melanesia (MSG), APEC dan lainnya. “Namun kami ingin lebih dekat dengan anda, karena kita ditakdirkan berada di laut yang sama. Untuk itulah, kami menyadari perlunya mengembangkan hubungan lebih jauh dan langsung terutama melalui parlemen,” ungkap Ketua DPR RI kepada seluruh parlemen yang hadir. (Hardianto/balipost)

Baca juga:  Akan Digelar Kegiatan Libatkan Ratusan Orang, Ini Saran Kapolres
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *