Luh Putu Satya Putri Mariantini Bandem bertemu dengan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Senin (2/7). (BP/adv)

DUNIA olahraga Klungkung kembali membawa kabar gembira. Atlet renang, Luh Putu Satya Putri Mariantini Bandem (15) berhasil lolos dan mewakili Indonesia ke ajang perlombaan renang, Sea Age Group Swimming Championship di Trace College, Los Banos, Laguna, Filipina, 6 sampai 8 Juli 2018.

Keberangkatan atlet renang asal Dusun Kaja Kangin, Desa Tegak Kecamatan/Kabupaten Klungkung ini ke tingkat internasional itu tidak diraih begitu saja. Anak sulung dari dua bersaudara ini sebelumnya telah mengikuti beberapa perlombaan, baik bersifat regional maupun nasional. Dalam ajang Sea Age nanti, dara kelahiran 20 Maret 2003 ini akan turun dikelas 50 meter dan 100 meter gaya punggung, 200 meter spesialis gaya punggung serta 50 meter dan 100 meter gaya bebas.

“Sebelumnya pernah lolos dalam kejuaraan yang sifatnya masuk data base nasional,” ujarnya usai bertemu Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Senin (2/7).

Sebagai atlet berprestasi, ia mengaku sudah mencintai olahraga renang sejak kelas II SD. Beberapa perlombaan pernah diikuti, seperti Festival Aquatic Indonesia I di Jakarta tahun 2017, Singapore Open tahun 2017 dan Kejurnas Aquatic II di Surabaya pada April 2018. Menghadapi perlombaan nanti, dirinya mengaku telah mengintensifkan latihan, termasuk mengatur pola makan dan istirahat. “Semoga nanti bisa membawa medali dan membuat bangga Indonesia,” harapnya.

Baca juga:  Atlet Gateball Bali Terjun di Kejurnas

Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Klungkung, Ida Bagus Kade Sweden menyampaikan, keberhasilan atlet membanggakan itu merupakan hasil proses panjang. Menurutnya, Putu Satya sudah dipersiapkan dengan melakukan latihan-latihan rutij. “Anak ini betul-betul dari SD sudah persiapkan, kebetulan orangtuanya juga sebagai pelatih renang,” katanya.

Hal senada disampaikan Ketua KONI Klungkung, I Wayan Subamia. Keberhasilan atlet Klungkung ketingkat internasional ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi atlet lainnya untuk mencapai prestasi. “Semoga Bendera Merah Putih berkibar di Filipina. Kita akan kejar prestasi itu, bersama kita bisa,” ungkapnya semangat.

Motivasi dan semangat berlomba diberikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.  Ditegaskan, perlu perjalanan panjang untuk menjadi atlet yang mampu mewakili Indonesia ketingkat Internasional. “Teruslah berlatih untuk meraih prestasi,” pesan Bupati Suwirta.

Kepada pengurus KONI Klungkung, Bupati asal Nusa Ceningan,  Kecamatan Nusa Penida ini juga mengingatkan untuk selalu melakukan evaluasi terhadap semua cabang olahraga (Cabor), agar nantinya lahir atlet-atlet berbakat yang akan membawa Klungkung keajang yang lebih tinggi. (adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.