Ilustrasi. (BP/dok)

BANGLI, BALIPOST.com – Mutasi pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Bangli kabarnya bakal segera digelar dalam waktu dekat ini. Informasinya, Pemkab sudah menentukan beberapa alternatif hari baik untuk melantik pejabat baru.

Sesuai uji kompetensi yang digelar panitia seleksi (pansel) belum lama ini, jumlah pejabat eselon II yang bakal dimutasi sebanyak 11 orang. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangli Ida Bagus Giri Putra saat dikonfirmasi Minggu (1/7) membenarkan adanya kabar rencana mutasi tersebut.

Dikatakan Giri Putra, sesuai rekomendasi dari Komisi ASN, usulan mutasi untuk pejabat eselon II sudah tuntas. Pejabat yang akan menempati posisi baru tinggal dilantik. Pihaknya juga sudah diminta Bupati Made Gianyar untuk mencarikan hari baik pelaksanaan mutasi.

Giri Putra menyebutkan sesuai petunjuk Ida Pedanda, ada sejumlah alternatif hari baik yang sudah disiapkan yakni tanggal 4 dan 17 Juli. Pada bulan Juni lalu, hari baik yang disiapkan yakni tanggal 26. Hanya saja, mutasi tidak memungkinkan digelar pada tanggal itu karena menjelang pelaksanaan Pilgub.

Baca juga:  Perbaikan Culali Rp 9 Miliar, Alternatif Jalur Galian C Harus Disiapkan

Menurut Giri Putra, meski sejumlah hari baik sudah disiapkan, namun waktu pelantikan pejabat baru tetap tergantung pada keputusan Bupati. Untuk itu, dia meminta wartawan untuk memastikan hari pastinya ke Bupati. “Itu sepenuhnya kewenangan Bupati. Secara administratif, kita sudah siap,” jelasnya.

Pasca mutasi pejabat eselon II dilaksanakan, Pemkab Bangli selanjutnya akan melakukan pengisian untuk posisi jabatan eselon II yang masih kosong. Proses pengisian jabatan eselon II yang lowong akan dilakukan dengan mekanisme lelang jabatan. “Sedangkan mengenai mutasi dan pengisian pejabat eselon III dan IV, itu sepenuhnya kewenangan Bapak Bupati,” imbuh Giri Putra.

Sebagaimana yang diketahui, jelang pelaksanaan mutasi pejabat eselon II, Pansel telah melakukan uji kompetensi sebelas pejabat yang namanya masuk dalam daftar mutasi pada Mei lalu. Pansel yang melaksanakan uji kompetensi anggotanya terdiri dari kalangan akademisi dan professional diantaranya Prof. Lasmawan (akademisi Undiksa) Dr. Swecana (Akademisi Warmadewa), Rai Sujaka (Mantan Kepala BKD Provinsi Bali), Sekda Bangli dan Kepala BKD Bangli. (Dayu Swasrina/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.