Proses pendistribusian logistik Pilgub di Kantor KPU Bangli, Senin (25/6). (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Dua hari jelang pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli mulai mendistribusikan logistik pemilihan gubernur (Pilgub) ke seluruh desa.

Pada hari pertama Senin (25/6), pendistribusian logistik Pilgub dilakukan ke Kecamatan Kintamani. Proses pendistribusian logistik dengan menggunakan 8 armada truk dan pickup, dikawal ketat aparat kepolisian.

Kegiatan pendistribusian logistik dilakukan dari Kantor KPU Bangli mulai pukul 09.00 wita. Meski diwarnai hujan gerimis, proses pendistribuan logistik dapat berjalan lancar. Sejumlah aparat keamanan nampak berjaga dan mengawal langsung proses pendistribusian hingga ke desa-desa.

Ketua KPU Kabupaten Bangli Dewa Agung Lidartawan saat ditemui di sela-sela kegiatan kemarin mengatakan, pendistribusian logistik pada hari pertama kemarin difokuskan ke wilayah Kintamani. Alasannya karena wilayah yang terdiri dari 48 desa itu cukup luas dan jaraknya jauh. “Hari ini total kita kirim ke Kintamani. Untuk tiga kecamatan lainnya, Susut, Bangli dan Tembuku akan diroping besok (Selasa hari ini-red),” jelasnya.

Untuk memastikan seluruh logistik yang dikirimkan sampai dengan selamat, pihaknya telah meminta seluruh petugas PPS untuk melaporkan kondisi logistik saat diterima di desa. Logistik yang disimpan di kantor desa nantinya akan dijaga ketat petugas kepolisian dan petugas pengamanan di desa.

Komisioner KPU Bangli Putu Ariyanti Suningsih menambahkan, logistik yang distribusikan kemarin berupa surat suara, bilik suara, alat mencoblos dan perlengkapan lainnya. Seluruh logistik yang dikirim dari kantor KPU kondisinya dalam keadaan utuh dan tersegel. Jumlah kotak suara yang didistribusikan ke Kecamatan Kintamani kemarin disesuaikan dengan jumlah TPS yang ada yakni sebanyak 198 buah.

Baca juga:  Persediaan Logistik di GOR Swecapura Masih Aman

“Armada yang digunakan sebanyak 8 berupa truk dan pickup dibagi ke delapan jalur. Masing-masing jalur dikawal petugas keamanan,” ujarnya.

Sedangkan untuk di tiga kecamatan lainnya, pendistribusian logistik akan dilakukan Selasa hari ini. Disebutkan Ariyanti jumlah TPS di Kecamatan Bangli sebanyak 101 buah, Susut 87 buah, dan Tembuku 81 buah.

Sementara itu, jelang hari pencoblosan Polres Bangli Senin kemarin menggelar apel kesiapan pengamanan TPS di Mapolres Bangli. Dalam apel yang dipimpin langsung Kapolres Bangli AKBP Agus Tri Waluyo dan Dandim Letkol Cpn Andy Pranoto, seluruh personil Polres Bangli yang dilibatkan dalam pengamanan TPS diberikan arahan untuk tetap menjaga sinergitas terhadap instansi terkait dalam pelaksanaan pengamanan. Jika terjadi permasalahan Kapolres meminta anggotannya agar segera laporkan secara berjenjang. Dalam pengamanan Pilgub kali ini, total personil Polres Bangli serta BKO dari Polda Bali yang dilibatkan berjumlah 449 personel yang disebar di 467 TPS. (dayu rina/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.