Truk pengangkut logistik Pilkada Serentak sampai di Dermaga Nusa Penida, Minggu (24/6). (BP/ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Logisitik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak telah kirim Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klungkung ke Kecamatan Nusa Penida, Minggu (24/6) pagi, mendahului kecamatan lain. Mengantisipasi gangguan, pengawalan dilakukan ketat oleh polisi.

Ketua KPU Klungkung, I Made Kariada menjelaskan logistik yang dikirim berupa surat suara, 214 kotak suara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati maupun Gubernur Bali, 428 bilik suara dan beberapa perlengkapan lainnya. Itu diangkut tiga unit truk dan diseberangkan melalui Pelabuhan Padangbai, Karangasem menuju Dermaga Nusa Penida, Desa Batununggul menggunakan kapal roll on roll off Nusa Jaya Abadi. “Pagi sudah berangkat. Semua logistik sudah terkirim,” ungkapnya.

Pengiriman ini dilakukan lebih awal karena Nusa Penida sebagai wilayah kepulauan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menjangkaunya. Logistik tersebut akan disimpan di Kantor Camat yang menjadi sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Serah terima sampai kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilaksanakan 26 Juni. “Pagi sebelum pemilihan dibawa ke TPS,” jelas Pria asal Desa Jungutbatu, Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini.

Baca juga:  Maju di Pilkada, Suwirta Tak Mau Loncat Partai

Sementara itu, untuk Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, dan Dawan, pengiriman dilaksanakan, 26 Juni pagi atau sehari sebelum pemilihan. “Yang di Klungkung daratan jaraknya dekat-dekat. Bisa selesai sehari itu pengirimannya,” sebutnya.

Diyakini, logisitik itu sudah sesuai dengan kebutuhan. Seperti halnya surat suara mencapai 156.501 ditambah 2,5 persen cadangan. Sebelumnya sudah ada pemeriksaan berlapis. “Termasuk surat suara cadangan sudah terkirim juga. Kami yakin tidak ada yang kurang. Pengecekan sudah berlapis. Kami juga tidak ada memegang surat suara lagi. Sisanya sudah dimusnahkan. Ada ratusan, baik untuk Pilkada dan Pilgub,” tegasnya.

Pengiriman ini mendapat pengawalan ketat dari kepolisian. Termasuk saat menuju TPS yang mencapai 350 lokasi. “Untuk yang ke Nusa Penida, ada sepuluh personil yang mengawal. Saat sampai disana, juga dibantu Polsek dan TNI,” ungkap Kabag Ops Polres Klungkung, Kompol. I Nyoman Suarsika.

Disampaikan lebih lanjut, selain logisitk, pengamanan juga dilakukan pada masing-masing desa. “Besok akan ada pelepasan personil untuk pengamanan. Kemarin sebelum masa kampanye berakhir sudah ada patroli,” tandasnya. (sosiawan/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.