Petugas DKP Tabanan sedang bekerja memungut sampah. (BP/ist)

TABANAN, BALIPOST.com – Libur panjang selama cuti bersama Lebaran berpengaruh terhadap volume sampah di TPA Mandung. Dari data, sampah yang dibuang ke TPA turun hingga 40 persen dari jumlah rata-rata hari normal.

Berdasarkan data, sampah normal rata-rata yang dibuang ke TPA mencapai 331 meter kubik. Kemudian jumlah ini sedikit demi sedikit mengalami penurunan memasuki libur panjang yaitu  314 meter kubik pada Selasa (12/6)  dan kemudian menurun lagi pada Kamis (14/6) menjadi 304 meter kubik. Pada Jumat (15/6) menjadi 255 meter kubik, Sabtu (16/6) menjadi 257 meter kubik dan pada Minggu (17/6) menjadi 227 meter kubik.

Kepala UPT TPA Mandung, Ni Luh Sukartini, Senin (18/6) mengatakan volume sampah yang dibawa ke TPA Mandung mengalami volume terendah pada Minggu (17/6) kemarin. Adanya penurunan hingga 40 persen ini dimungkinkan karena banyak warga Tabanan yang pergi berlibur ataupun mudik. Sehingga jumlah volume sampah juga menjadi berkurang.

Baca juga:  BRG Targetkan Restorasi 2 Juta Hektar Lahan Gambut

Selama libur panjang, TPA Mandung tetap beroperasional seperti biasa. Armada pengangkutan sampah pun berjalan seperti biasa. “Selama libur ini kami tetap beroperasional  dan menugaskan tugas piket untuk mengawasi,” ujarnya.

Mengenai pemilahan sampah plastik di TPA, lanjut Sukartini, tidak ada masalah selama liburan. Menurutnya pemulung tetap datang ke TPA untuk memilah sampah plastik. “Pemulung tetap ada yang datang untuk memilah sampah plastik,” ujarnya. (Wira Sanjiwani/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.