Pengkot TI Kota Denpasar menjaring taekwondoin SD, SMP, dan SMA/SMK. Mereka dipersiapkan terjun pada Porjar Kota Denpasar dan Porja Bali. Bahkan, untuk siswa SMA bisa merekrut masuk skuad tim Porprov Kota Denpasar. (BP/nel)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pengkot Taekwondo Indonesia (TI) Kota Denpasar berupaya bangkit. Langkah awal, Pengkot TI menggulirkan program pelatcab menjaring atlet potensial dari seluruh dojang untuk siswa tingkat SMP dan SMA/SMK, serta siswa SD dari hasil Porcam di Denut, Densel, Denbar, dan Dentim.

Menurut Ketua Harian Pengkot TI Kota Denpsar Komang Sumarcana, di sela-sela latihan atlet pelatcab Denpasar, di GOR Lila Bhuana, Selasa (3/4), pelatcab baru digelar sejak pertengahan Maret lalu. ‘’Di Denpasar terdapat 15 dojang, kami minta tiap dojang mengirimkan dua atlet putra dan dua atlet putri terbaiknya, utamanya yang bersekolah di SMP dan SMA,’’ kata Komang Sumarcana.

Sedangkan untuk siswa SD dijaring berdasarkan hasil Porcam. ‘’Untuk siswa SD, terkadang jadwal latihanya pelatcab berbenturan dengan latohan di masing-masing kecamatan, sehingga mereka tak bisa seluruhnya berlatih di GOR Lila Bhuana,’’ jelas Sumarcana.

Dikemukakan, pihaknya ingin mengetahui selama digembleng di pelatcab, hasilnya bisa dilihat pada Porjar Kota Denpasar. ‘’Bagi takewondoin yang juara di Porjar Denpasar, kami juga memantau prestasinya di ajang Porjar Bali,’’ ucapnya.

Baca juga:  Perupa Jembrana Bangkit

Ia optimis, dengan pola latihan berjenjang dan berkelanjutan, ditambah uji coba maupun berlaga pada berbagai turnamen, Pengkot TI Denpasar berhasil menjaring taekwondoin terbaik.

Oleh sebab itu, lanjut dia, atlet pelatcab juga diberi kesempatan latih-tanding ke Pengkab TI tetangga, seperti TI Badung maupun TI Klungkung. ‘’Kami mengagendakan anak-anak ini menjajal kekuatan taekwondoin kabupaten lain,’’ tuturnya.

Ia yakin melalui pola pembinaan seperti ini, bakal muncul taekwondoin berbakat dan bertalenta yang siap mengibarkan Kota Denpasar dalam berbagai event. ‘Kalau siswa SMA berbakat. Kami masukkan kategori senior, dan mereka siap diterjunkan pada Porprov Bali XIV/2019, di Tabanan. Astungkara, doakan saja Porprov tahun depan, TI Denpasar sudah bisa mengirimkan atletnya,’’ jelas Sumarcana. (daniel/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.