Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster membuka Pameran IKM Bali Bangkit Tahap II di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Rabu (23/2). (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pameran IKM Bali Bangkit kembali digelar. Pameran tahap II Tahun 2022 yang dibuka Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster, Rabu (23/2), ini sedikit berbeda dari Pameran IKM Bali Bangkit sebelumnya.

Pasalnya, penyelenggaraan tidak hanya di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, tetapi juga membuka pameran di sejumlah mall. Baik dalam daerah maupun luar daerah Bali.

Bahkan, Dekranasda juga tengah mencanangkan membuka pameran di Anjungan Bali di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Ny. Putri Suastini Koster, mengatakan bahwa Dekranasda Provinsi Bali melalui Disperindag Provinsi Bali di Tahun 2022 ini mencanangkan penyelenggaraan pameran bagi pelaku IKM yang digelar tidak hanya di Gedung Ksirarnawa seperti saat ini. Tetapi juga membuka pameran di sejumlah mall, baik dalam daerah maupun luar daerah Bali.

Tidak hanya itu, Dekranasda juga tengah mencanangkan membuka pameran di Anjungan Bali di TMII, Jakarta. Sehingga dengan penyelenggaraan pameran masyarakat diharapkan lebih mengenal produk produk kerajinan asli Bali, baik berupa tenun maupun aksesoris khas Bali.

Baca juga:  Menpan RB Temukan Kecurangan Tes Seleksi SKD di Sejumlah Daerah

Berpameran merupakan salah satu cara yang dilakukan Dekranasda Provinsi Bali untuk mengontrol kualitas produk dan cara berpameran yang dilakukan Dekranasda di tengah pandemi dapat menjadi contoh bagi giat pameran lainnya. Meskipin pengunjung terlihat sedikit tetapi omzet dari pameran sangat tinggi.

Istri Gubernur Bali, Wayan Koster ini mengatakan, penyelenggaraan pameran IKM Bali Bangkit di masa pandemi Covid-19 telah terbukti mampu menggerakkan perekonomian dan membantu para perajin untuk tidak patah semangat dan tetap berkarya di tengah pandemi yang melanda. Rata-rata dalam setahun penyelenggaraan pameran, transaksi yang dilakukan mencapai Rp 1,8 miliar atau sekitar 10 kali lipat dari dana yang dianggarkan untuk pameran. Untuk itu, wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini terus memantik semangat para pelaku IKM untuk terus berkarya dan menjadikan pandemi bukan penghalang untuk terus berkreativitas.

Baca juga:  TI Denpasar Bangkit Lewat Pelatcab

Bunda Putri juga menyampaikan, di Tahun 2022 Dekranasda Provinsi Bali juga menyelenggarakan Desainpreneur Fashion Show 2022 yang rencananya akan digelar pada Bulan April mendatang. Dari hasil kurasi yang dilakukan, telah terpilih 5 desainer muda Bali yang nantinya akan menjadi desainpreneur Bali.

Mereka tidak hanya memiliki keterampilan dalam desain, tetapi juga dididik jiwa enterpreneur. Lima desainer hasil kurasi ini akan mendapat bantuan permodalan dari BPD Bali dan serta ijin merk dagang yang prosesnya akan dibantu Disperindag Provinsi Bali.

Dengan lahirnya lima desainer ini diharapkan dapat memberi pengaruh pada trend busana Bali yang berestetika, berkarakter dan nantinya diharapkan dapat menembus pasar baik nasional bahkan internasional. Untuk itu, perempuan multitalenta ini mengajak seluruh masyarakat Bali untuk mencintai dan menggunakan produk hasil kerajinan yang dihasilkan para perajin.

Baca juga:  BMKG Mencatat Kota Palu Sebagai Daerah Terdingin

Di samping itu, Bunda Putri juga mengajak semua pihak untuk bersinergi menjaga dan melestarikan produk kerajinan Bali yang salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk produk kerajinan warisan para leluhur tersebut.

Pembukaan Pameran IKM Bali Bangkit tahap II ini dimeriahkan dengan penampilan peragaan busana berbahan kain tenun khas Bali yang diikuti oleh TP PKK Provinsi Bali, Pakis Bali, Gatriwara DPRD Provinsi Bali, serta Tantri BPD Bali. Turut hadir pada kesempatan ini Ketua Gatriwara DPRD Bali Ny. Ningsih Wiryatama, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Bali Ny. Widiasmini Indra, Manggala PAKIS Bali, Kepala Disperindag Provinsi Bali, perwakilan BPD Bali, CEO Bali Mall serta undangan terkait lainnya. (Winatha/balipost)

BAGIKAN