Presiden Joko Widodo saat bertemu dan memberikan bantuan untuk pekerja seni di Taman Balekambang Surakarta, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Melandainya pandemi COVID-19 dapat menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo setelah bertemu dan memberikan bantuan untuk pekerja seni di Taman Balekambang Surakarta, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis, sebagaimana siaran pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

“Sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan dan saya harapkan setelah pandemi bisa kita kendalikan, kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita,” kata Presiden, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (26/5).

Baca juga:  2 Hari Badung Alami Lonjakan, Tapi Kabupaten Ini Masih Catatkan Warga Terbanyak Terjangkit Transmisi Lokal COVID-19

Presiden menginginkan Taman Balekambang yang telah direvitalisasi ini dapat menjadi pusat kebudayaan. “Akan memberikan dampak yang baik terhadap seni budaya kita dan utamanya juga bisa menunjukkan bahwa seni tradisi itu tetap hidup sampai kapan pun,” katanya.

Selain itu, Presiden juga menyampaikan bahwa pemerintah akan selalu mendukung revitalisasi yang berkaitan dengan fasilitas kesenian dan kebudayaan. “Semua yang berkaitan dengan kebudayaan, seni budaya, pemerintah pusat akan mendorong, di mana pun,” kata Presiden.

Baca juga:  Bantu UMKM "Go Digital" dan Bertumbuh, GoTo Gelar Konferensi Maju Digital

Turut hadir mendampingi Presiden antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN