Plt. konjen RRT, Chen Wei saat meninjau pameran foto "China In New Era". (BP/win)

DENPASAR, BALIPOST.com – Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Denpasar menggelar pameran foto skala besar dengan tema “China In New Era” di Gedung Kriya Sembrani Occihcrawa, Bali Werdhi Budaya Art Center, Denpasar. Sebanyak 238 foto dan beberapa video dengan tiga tema dipamerkan hingga 24 Februari mendatang.

Pameran foto ini merupakan rangkain perayaan Hari Raya Imlek yang dirayakan beberapa waktu lalu, sekaligus untuk mempererat hubungan antara Tiongkok dengan Indonesia. Plt. Konsulat Jenderal RRT, Chen Wei, menjelaskan ada tiga tema pokok yang diangkat dalam pemeran foto “China In New Era” ini.

Tema pertama, terkait dengan foto-foto HUT ke-3 Konsulat Jenderal RRT di Denpasar. Foto-foto ini memperlihatkan indahnya konjen RRT bergandengan tangan dengan sahabat-sahabat dari berbagai kalangan masyarakat di Bali, NTB, NTT untuk mendorong kemajuan persahabatan Tiongkok dengan Indonesia. Tema kedua, tentang prestasi diplomasi Tiongkok dan tema ketiga tentang prestasi pembangunan tiongkok dalam lima tahun terakhir. “Tujuan dari pameran foto ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan mengenai Tiongkok diantara masyarakat Tiongkok di Bali, sehingga kebudayaan Tiongkok dengan kebudayaan Bali semakin erat,”ujar Chen Wei pada pembukaan pameran foto “China In New Era”, Rabu (21/2).

Tema “China In New Era” dipilih karena beberapa tahun belakangan ini di bawah pimpinan Presiden Xi Jinping dan Presiden Jokowi, inisiatif jalur sutra maritim abad ke-21 disinergikan dengan strategi poros maritim dunia secara komprehensif. Hubungan Tiongkok dan Indonesia memasuki era terbaik sepanjang sejarah.

Baca juga:  Mulai 26 November 2017, Lion Air Buka Rute Zhengzhou-Bali 4 Kali Seminggu

Oleh karena itu, lanjutnya, tiga tahun belakangan ini Konjen RRT di Denpasar terus berupaya memperdalam komunikasi dan kerja sama di bidang politik, perekonomian, perdagangan, kebudayaan, pendidikan, dan lainnya. Pihaknya berharap pameran yang dibuka untuk umum dari pukul 08.30 Wita hingga 18.00 Wita ini bisa dikunjungi oleh semua kalangan masyarakat di Bali. Sehingga, perkembangan Tiongkok dapat diketahui oleh masyarakat Bali pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, A.A. Komang Sapta Negara, SE.,MM., yang mewakili Kadis Kebudayaan Provinsi Bali, menyambut baik pameran foto “China In New Era” tersebut. Sebab, pameran foto ini akan mendorong pertukaran kebudayaan dan kesenian antara Tiongkok dan Indonesia ke depannya dan makin mempererat hubungan kedua negara.

Pihaknya berharap melalui pameran foto ini, masyarakat Bali pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya akan dapat mengetahui secara lebih dekat perkembangan RRT. Sehingga, dapat lebih meningkatkan hubungan antara RRT dan Bali yang selama ini telah terjalin dengan baik. (Winatha/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.