Daun bawang. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ibu-ibu yang gemar memasak tentu sudah tahu manfaatnya daun bawang untuk menambah rasa masakannya. Ternyata, daun bawang atau spring onions ini tidak hanya enak untuk dimakan, namun juga memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Pada dasarnya, seluruh bagian daun bawang, baik itu bagian daun yang berwarna hijau ataupun batangnya yang berwarna putih, sama-sama bisa dimakan dan juga dipenuhi oleh nutrisi yang esensial. Manfaat yang penting adalah mengurangi risiko kanker.

Daun bawang yang merupakan sumber sulfur, yang pada dasarnya untuk kesehatan secara keseluruhan. Senyawa seperti alil sulfida dan flavonoid yang dapat mencegah kanker dan melawan enzim yang menghasilkan sel kanker diketahui ada di daun bawang. Maka dari itu, mulai dari sekarang mulailah untuk makan sehat dengan juga memasukkan daun bawang dalam menu makanan harian.

Selain manfaat itu, ada 4 lagi manfaat lainnya jika kita rutin mengonsumsi daun bawang. Berikut manfaatnya :

1. Menurunkan kadar gula darah

Sulfur yang ada di daun bawang memainkan peran utama untuk memberikan manfaat pada tubuh. Dengan adanya sulfur ini, maka kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin cenderung meningkat. Sehingga cukup besar bisa membantu mencegah penyakit diabetes.

Baca juga:  Ini, Waktu Terbaik Minum Air Lemon

2. Melancarkan sistem pencernaan

Daun bawang kaya akan serat jadi dapat bekerja mewujudkan sistem pencernaan yang lebih baik. Untuk mengonsumsinya, bisa pasangkan daun bawang ini jenis sayuran lainnya, entah di saat makan malam ataupun saat makan siang. Bisa dimakan langsung atau juga dimasak terlebih dahulu.

3. Menjaga daya penglihatan

Selain serat, sulfur, serta senyawa alil sulfida dan flavonoid. Tahukah bahwa daun bawang juga punya kandungan karotenoid yang membantu menjaga penglihatan tetap sehat. Belum lagi dengan adanya vitamin A yang juga mencegah hilangnya daya penglihatan.

Jika hobi memakan wortel, Anda bisa coba memasukkan daun bawang dan wortel serta timun saat membuat hidangan salad.

4. Mencegah kedinginan dan flu

Karena punya sifat antibakteri dan antiviral, daun bawang disebutkan adalah obat yang sangat baik dan antiviralnya, untuk melawan virus dan flu. Menyantap daun bawang juga bisa membantu untuk mengurangi kelebihan lendir dan melawan rasa kedinginan karena cuaca yang tidak bersahabat. (Goes Arya/balipost)
Sumber : Okezone

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.