Apel. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Makan satu buah apel setiap harinya dapat menjauhkan Anda dari pergi ke dokter. Pernah mendengar pepatah tersebut? Ternyata pepatah tersebut bukan sekadar omong kosong.

Dikutip dari klikdokter.com, sebuah studi yang dilakukan oleh The Florida State University menyebutkan bahwa apel adalah buah “ajaib” karena memiliki beragam manfaat menakjubkan untuk tubuh. Ini 10 keuntungan mengonsumsi buah apel bagi tubuh :

1. Mencegah gangguan pernapasan

Makan apel satu buah setiap harinya dapat menyehatkan pernapasan Anda. Studi yang dilakukan di Utrecht University pada ibu hamil yang mengonsumsi apel setiap harinya melaporkan bahwa konsumsi apel secara rutin dapat menurunkan risiko asma pada anak yang dikandungnya hingga 53%, jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak makan apel sama sekali saat hamil.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di Experimental Biology and Medicine, quercetin (salah satu antioksidan yang terdapat di dalam apel) dapat mengurangi risiko kematian sel saraf. Studi lain yang diterbitkan di Journal of Alzheimer’s Disease juga menyatakan bahwa asupan apel secara rutin dapat meningkatkan produksi neurotransmiter asetilkolin di otak sehingga mampu memperbaiki daya ingat dan menurunkan risiko Alzheimer.

3. Memangkas kadar kolesterol

Anda memiliki kolesterol tinggi? Cobalah rutin makan apel. Penelitian yang diterbitkan di Experimental Biology pada tahun 2011 telah membuktikannya. Studi tersebut dilakukan pada 160 wanita usia 45–65 tahun yang mengonsumsi apel setiap harinya selama setahun.

Hasilnya, kelompok yang makan apel secara rutin mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) sebanyak 23% dan peningkatan HDL (kolesterol “baik”) sebanyak 4%.

4. Menurunkan risiko stroke

Apel ternyata dapat membantu menurunkan risiko stroke. Seperti sebuah penelitian yang dilakukan pada 2008, pria dan wanita yang makan apel secara rutin selama 28 tahun mengalami penurunan risiko strok infark (penyumbatan).

Kandungan antioksidan flavonoid quercetin di dalam apel dinilai dapat membantu menurunkan risiko stroke tersebut, terutama jika dikonsumsi secara rutin.

5. Mengurangi risiko kanker payudara

Faktor risiko kanker payudara memang bisa beragam. Namun, berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, konsumsi apel satu buah setiap harinya disebutkan dapat mencegah kanker payudara.

Baca juga:  Gizi Pada Telur dan Manfaatnya bagi Tubuh

Sebetulnya selain apel, konsumsi buah dan sayuran secara keseluruhan dengan rutin juga dapat menurunkan risiko kanker payudara.

6. Menyusutkan risiko diabetes

Jika Anda berisiko mengalami diabetes, mungkin bisa mempertimbangkan untuk mulai menyukai apel. Penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal yang dilakukan pada 187.382 orang di Inggris, Amerika dan Singapura, melaporkan bahwa kelompok orang yang makan apel, anggur, kismis, blueberry dan pir tiga porsi setiap minggu mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2 dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengonsumsi sama sekali.

7. Melawan wasir

Kadar serat yang tinggi dalam apel dapat menyehatkan pencernaan Anda dan hasilnya buang air besar pun akan lancar. Buang air besar yang lancar tentu saja dapat menghindarkan Anda dari penyakit wasir.

Salah satu faktor risiko utama terjadinya wasir adalah susah BAB atau konstipasi. Gejalanya bisa keluar dari anus atau adanya benjolan di anus.

8. Mencegah obesitas

Satu buah apel sehari tak hanya menjauhkan Anda dari dokter tetapi juga obesitas. Studi terkini yang dilakukan oleh Washington University dan dimuat di Food Chemistry pada tahun 2014 menyebutkan, konsumsi apel secara rutin dapat meningkatkan bakteri “baik” yang ada di dalam usus dan mencegah obesitas.

Selain itu, apel memiliki kadar serat yang tinggi dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga keinginan untuk mengemil pun dapat berkurang.

9. Menaikkan daya tahan tubuh

Meskipun kandungan vitamin C dalam apel tidak setinggi jeruk, tetapi apel juga mengandung vitamin C yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Dalam satu buah apel berukuran sedang, kandungan vitamin C-nya adalah sebesar 8 mg yang dapat memenuhi 14% kebutuhan harian vitamin C Anda.

10. Menjaga kesehatan gigi

Apel dapat menurunkan risiko gigi berlubang karena ketika Anda memakannya, serat yang terkandung di dalamnya dan kandungan antibakteri dalam apel dapat menyingkirkan bakteri dan virus. Selain itu, makan apel juga akan merangsang pengeluaran air liur sehingga mengurangi produksi bakteri di mulut. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.