DENPASAR, BALIPOST.com – Partai peraih suara terbanyak dalam Pemilu di Bali, PDI P, akan segera mengumumkan calonnya yang berlaga di Pilgub Bali. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bali yang akan diusung PDI Perjuangan bakal diumumkan pada Sabtu (11/11) bertepatan dengan perayaan Kuningan. Tepatnya pada pukul 11.00 wib di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

“Setelah pengumuman itu maka seluruh jajaran struktural partai dari Provinsi Bali ini, mengingat hari tersebut bertepatan dengan hari raya Kuningan, semua kemudian akan berdoa bersama di Pura Gunung Salak,” ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto didampingi jajaran DPD PDI Perjuangan Bali di Kantor DPD PDI Perjuangan Bali, Selasa (7/11).

Menurut Hasto, penilaian atau asesmen terhadap bakal pasangan calon yang akan diusung melibatkan pula Himpunan Ahli Psikologi Indonesia. Hal-hal yang diuji dibuatkan matriks mencakup kepemimpinan, kemampuan mengatasi hambatan, kemampuan manajerial, dan kemampuan intelektual.

“Kita dorong aspek kinerja, hasil surveynya mana yang paling tinggi, mana yang paling rendah. Aspirasi dari DPC seperti apa, kita plot dalam satu lembar dokumen. Tapi di luar itu, tentunya juga ada pertimbangan-pertimbangan aspek ideologi, aspek kepentingan nasional dan bagaimana pengembangan Bali ke depan,” jelasnya.

Baca juga:  Mayat Mr. X Ditemukan Nelayan Yeh Leh

Hasto menambahkan, semua bakal calon yang sudah mengikuti mekanisme penjaringan dan penyaringan di PDI Perjuangan berpeluang untuk mendapatkan rekomendasi. Diantaranya, Wayan Koster, Eka Wiryastuti, IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Cok Ace.

Ditegaskan bila tidak ada jual beli rekomendasi. Bagi yang melakukan praktik-praktik seperti itu akan dikenai sanksi tegas. “Jangan percaya kalau ujung-ujungnya minta uang terkait rekomendasi. Semua kami kawal sebaik-baiknya,” tegasnya.

Khusus untuk Bali, Hasto secara khusus mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap PDI Perjuangan. Mengingat, partai ini berhasil memenangkan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014 lalu di Pulau Dewata.

Oleh karena itu, pengumuman rekomendasi nantinya mengutamakan nilai-nilai kebudayaan yang ada di daerah basis PDI Perjuangan ini. “Dari Bali kita juga melihat bagaimana kepribadian bangsa, bagaimana nilai-nilai kebudyaaan, konsepsi tri hita karana ditempatkan dengan sangat baik dan itu menjiwai dari seluruh sistem sosial kebudayaan kemasyarakatan yang ada di Bali ini,” tandasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.