SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pembangunan Rumah Sakit Pratama Nusa Penida telah rampung. Fasilitas yang difungsikan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan masyarakat ini ditinjau Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika, Jumat (3/11). Didampingi istri, Ayu Pastika dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta istri Ayu Suwirta, mantan Kapolda Bali ini juga sekaligus menghadiri Karya Mlaspas, Caru Rsi Gana, dan Piodalan.

Rumah Sakit Pratama yang merupakan yang pertama di Nusa Penida dengan kapasitas 48 bed. Ini nantinya akan memberikan pelayanan yang serupa dengan rumah sakit pada umumnya, yakni pelayanan kesehatan ibu, anak, penyakit dalam dan bedah.

Dalam kesempatan itu Gubernur Mangku Pastika menyempatkan melakukan peninjauan sarana dan prasarana yang ada didalamnya. Dinyatakan, kondisinya sangat bagus, begitu juga dengan peralatannya. Meski demikan, di lain sisi masih ditemukan kekurangan, seperti tenaga medis spesialis dan peralatan pendukung berupa genset. Hal ini pun diharapkan segera ditindaklanjuti, sehingga  saat diresmikan nanti dapat langsung beroperasi melayani penduduk di Nusa Penida.

Sementara itu, Bupati Suwirta menyatakan menindaklanjuti kekurangan itu, pemkab melalui Dinas Kesehatan akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Fasilitas kesehatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama yang membutuhkan penanganan darurat. Mendukung pengoperasian, sebelumnya pemkab sudah merekrut 112 Pegawai yang terdiri medis, para medis dan non medis.

Baca juga:  Kadus Keluhkan Warna Beras Rastra Menguning

Sebelumnya pula, Ketua Komisi I DPRD Klungkung, I Nengah Mudiana mengatakan pengoperasian RS itu sangat ditunggu masyarakat Nusa Penida lantaran akan mampu mempercepat penanganan. Mereka tak harus lagi menjalani perawatan ke RSUD Klungkung yang harus ditempuh melalui jalur laut. “Pelayanan rumah sakit ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Kami dari dewan sangat mengharapkan bisasegera beroperasi,” katanya.

Politisi Gerindra ini menyatakan sejak awal pembangunan, berlanjut pada pengadaan alkes dan perekrutan tenaga, dewan selalu memberikan dukungan. Tidak ada hal-hal krusial yang dipersoalkan. “Kami sangat mendukung pembangunan ini. Anggaran sudah kami setujui,” ucapnya.

Sementara itu, pada karya tersebut, turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya, MPPM, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Klungkung dr. Ni Made Adi Swapatni, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, serta undangan terkait lainnya. (adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.